Notification

×

Iklan

Iklan

23 PKD Resmi Dilantik, Ini Pesan Kordiv P2S Panwaslu Kecamatan Laguboti Desmon Silalahi

Selasa, 07 Februari 2023 | 21:36 WIB Last Updated 2023-02-07T14:36:36Z

23 Pengawas Kelurahan Desa (PKD) se-Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba yang baru dilantik diminta untuk tetap menjaga soliditas dan solidaritas sesama penyelenggara. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Kordinator Divisi (Kordiv) Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P2S) Desmon Jhon Satar Silalahi meminta kepada 23 Pengawas Kelurahan Desa (PKD) se Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba yang baru dilantik untuk tetap menjaga soliditas dan solidaritas sesama penyelenggara.


Hal itu dikatakan Komisioner Panwaslu Kecamatan Laguboti itu pasca pelantikan yang digelar di Aula HKBP Aruan, Laguboti Kabupaten Toba, Senin (6/2/2023).


"Pengawas Kelurahan datang dari berbagai latar belakang yang berbeda, akan tetapi ketika sudah bergabung kedalam kawasan lembaga yang sama yaitu kawasan pengawas pemilu maka semuanya harus menyatu dalam satu langkah dan satu irama. Soliditas dimana kekompakan akan menjadi kukuh dan solid. Setelah soliditas terbentuk dengan baik maka solidaritas atau kesetiakawanan juga perlu dibangun dengan baik," tegas pria berkacamata itu kepada wartawan, Selasa (7/2/2023).


Desmon menekankan soliditas dan solidaritas antar para pengawas kelurahan sangatlah penting dalam menjalankan roda pengawasan. 


"Karena dalam satu kecamatan dimana antar kelurahan atau desa pasti beririsan bahkan beriirisan dengan kelurahan atau desa dari kecamatan lain maka informasi terkait pengawasan tahapan pemilu dari sesama Pengawas Kelurahan sangatlah diperlukan," urainya.


Lebih lanjut Desmon menerangkan, pengawas kelurahan dalam menjalankan tugasnya juga harus memahami regulasi atau peraturan perundang-undangan. 


"Pemahaman terhadap regulasi adalah senjata pamungkas ketika menemui suatu kendala di lapangan. Pemahaman terhadap regulasi memunculkan rasa percaya diri untuk berhadapan dengan siapapun tetapi jika kita tidak paham akan sebuah regulasi maka kita akan menjadi seorang pengawas pemilu yang pasif karena kita tidak tau apakah yang kita awasi itu sudah sesuai dengan ketentuan atau tidak," terangnya.


Sebagai catatan, lanjut Desmon, pada wawancara calon Pengawas Kelurahan Desa pada proses rekrutmen, kemarin, ditemukan masih minimnya kualitas Sumber Daya Manusia terhadap regulasi. 


"Maka itu diperlukan pembekalan dan bimbingan teknis untuk penguatan SDM para pengawas kelurahan mengingat para pengawas kelurahan desa adalah garda terdepan pengawasan pemilu untuk menghadapi perhelatan Pemilu 2024 mendatang," tegasnya.


Diketahui, sebanyak 23 PKD se Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba terpilih dilantik di Aula HKBP Aruan, Senin (6/2/2023). Pelantikan dilakukan oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Toba Jonny Harahap didampingi dua komisioner lainnya, Desmon Jhon Satar Silalahi dan Henri Marthin Sitinjak. 


Setelah pelantikan, para PKD terpilih langsung diberi pembekalan. Ketua Bawaslu Toba Romson Purba ST SH bersama staf yang turut hadir di pelantikan itu menyampaikan materi kepada para Pengawas Kelurahan antara lain penguatan kelembagaan dan tupoksi seorang PKD. 


Turut hadir para pelantikan Camat Laguboti, perwakilan dari Polsek Laguboti, Danramil Laguboti dan juga dihadiri oleh tokoh masyarakat. (rfn)