Notification

×

Iklan

Iklan

Astaga! Singa di Solo Safari Zoo Lepas dari Kandang

Jumat, 10 Februari 2023 | 23:49 WIB Last Updated 2023-02-10T16:49:00Z

Ilustrasi. Singa milik Solo Safari Zoo dikabarkan lepas dari kandang, Jumat (10/2/2023). Singa pemberian Taman Safari Indonesia tersebut keluar dari ring satu wahana. (Foto: kpgolfpro/Pixabay)

ARN24.NEWS
– Singa milik Solo Safari Zoo dikabarkan lepas dari kandang, Jumat (10/2/2023). Singa tersebut berhasil diamankan oleh sejumlah keeper untuk dimasukkan kembali ke dalam kandang.


Kabar lepasnya singa tersebut menyebar melalui grup aplikasi perpesanan WhatsApp.


"Mohon maaf sebelumnya saya mendapat info dari Pak Hartono selaku manajer Taman Safari Jurug karena singa lepas dari kandang, masyarakat sekitar Jurug dan Jebres diminta berhati-hati. Karena masih di danau tapi belum muncul-muncul masih dicari," demikian bunyi kabar tersebut.


Saat dikonfirmasi, General Manager Solo Safari Zoo, Shinta Aditya menjelaskan singa tersebut merupakan pemberian dari Taman Safari Indonesia (TSI) untuk menambah koleksi di Solo Safari. Pagi tadi, singa tersebut dicoba untuk dilepasliarkan di wahananya.


"Wahana singa tidak memakai pagar seperti sebelumnya," katanya melalui keterangan tertulis.


Saat dilepas, singa tersebut kaget dengan lingkungan barunya sehingga keluar dari ring satu sekitar pukul 08.00 WIB. Shinta memastikan insiden tersebut tidak membahayakan karena Solo Safari Zoo memiliki tiga ring pengamanan untuk semua binatang terutama binatang pemakan daging.


"Tim Taman Safari lalu melakukan evakuasi kepada singa tersebut dan berhasil dikembalikan ke kandang sebelum jam 10 pagi itu juga," katanya.


Ia memastikan Solo Safari Zoo tetap aman bagi pengunjung. Insiden tersebut terjadi karena binatang belum terbiasa dengan habitat barunya. Karena itu, selama masa habituasi atau pembiasaan, Solo Safari menempatkan pengamanan berlapis di sekitar wahana binatang pemakan daging.


"Singa-singa dalam latihan penyesuaian dengan lingkungannya, normal untuk keluar dan masuk secara bebas. Kondisi aman, karena dijaga oleh sistem keamanan berlapis dan dijaga oleh para keeper/penjaga satwa dan dokter hewan," katanya. (syd/isn)