Notification

×

Iklan

Iklan

Demiane Agustien, Pemain Keturunan Indonesia Perkuat Timnas Curacao

Jumat, 10 Februari 2023 | 15:06 WIB Last Updated 2023-02-10T08:06:59Z

ARN24.NEWS --
Demiane Agustien menjadi perhatian para pecinta sepak bola Tanah Air. Usai dirinya menjadi salah satu pemain Timnas Curacao U-17 yang berlaga di ajang CONCACAF U-17 2023. 

Usut punya usut, ternyata Demiane Agustien memiliki darah keturunan Indonesia. Selain dirinya, pemain keturunan Indonesia lainnya yang akan berlaga di CONCACAF U-17 2023 lainnya adalah Kenzo Riedewald yang kini memperkuat Timnas Suriname U-17. 

Menurut sumber Football Talentnesia ID, Demiane Agustien merupakan pemain kelahiran Belanda yang tumbuh besar di Inggris. Darah keturunan Indonesia didapatnya dari sang ibu. Diketahui jika sang ibu juga memiliki darah keturunan Indonesia-Mesir. 

Di sisi lain, nenek Demaine Agustien lahir di Indonesia. Bakat sepakbolanya ternyata turun dari sang ayah, Kemi Agustien. Setelah ditelusuri, sang ayah dulunya pernah dipercaya masuk skuad skuad Timnas Belanda kelompok umur U-19, U-20 dan U-21. 

Namun pada akhirnya, Kemi Agustien memutuskan untuk menjadi kewarganegaraan Curacao. Menurut Transfermarkt, ia menjalani debutnya bersama Timnas Curacao pada 11 Juni 2015. Tercatat, Kemi Agustien sudah melakoni 11 laga sejak debutnya tersebut. Laga terakhir yang ia mainkan bersama 

Timnas Curacao yakni di laga Gold Cup kontra Meksiko pada 2017 silam. Semasa kariernya, Kemi Agustien kerap berpindah-pindah klub. Ia pernah berkarier di Inggris, Belanda, Denmark, Skotlandia, hingga Filipina. Di Inggris, Kemi Agustien pernah memperkuat Swansea City, Crystal Palace hingga Brighton and Hove Albion. 

Kemi Agustien tercatat juga sempat mencicipi kerasnya liga sepak bola Asia Tenggara dan bermain untuk Global Cebu FC di Liga Filipina. Kini, pemain berusia 36 tahun tersebut tengah memperkuat tim Hednesford Town yang kini berlaga di Nothern Premier League Premier Division. (sps/nt)