Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Sosok Philip Mehrtens, Pilot Asing Susi Air yang Disandera OPM?

Kamis, 16 Februari 2023 | 10:41 WIB Last Updated 2023-02-16T03:41:02Z

Profil Mark Mehrtens, pilot Susi Air yang disandera OPM. (Arsip Istimewa)


ARN24.NEWS – Sosok Philip Mehrtens belakangan banyak diperbincangkan setelah disandera Organisasi Papua Merdeka (OPM) kala membawa pesawat Susi Air.


Dalam foto dan video yang disebar OPM, Mehrtens tampak bersama OPM dan diklaim dalam kondisi baik. Foto dan video itu pun membuktikan klaim bahwa Mehrtens telah disandera sejak 7 Februari lalu.


1. Siapa Philip Mehrtens?


Rekan dan mantan kolega Mehrtens mengatakan, Mehrtens adalah warga asal Christchurch. Rekan-rekannya menilai ia merupakan sosok yang pendiam dan serius, seperti dikutip dari New Zealand Herald.


Mehrtens memiliki istri warga Indonesia. Dia disebut ikut tinggal di RI bersama sang istri selama beberapa waktu.


Pendiri Susi Air sekaligus mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga mengatakan kepada New Zealand Herald bahwa Mehrtens merupakan salah satu pilot terbaik maskapainya.


Susi membeberkan Mehrtens memiliki seorang putra berusia sekitar lima tahun. Dia merupakan sosok yang sayang dengan keluarga.


Dalam laporan The Sydney Morning Herald, rekan dan mantan kolega Mehrtens juga mengatakan sang pilot bekerja di maskapai Susi Air usai dirinya menyelesaikan sekolah penerbangan.


Dia bekerja di bawah Susi Air sebelum kembali ke Selandia Baru pada 2016. Mehrtens sendiri belajar menerbangkan pesawat di Akademi Penerbangan Internasional di Bandara Christchurch.


Dia sempat bekerja di luar negeri selama delapan tahun lalu menikah pada 2012 sebelum pindah ke Auckland bersama istri dan putranya pada 2016.



2. Karier Mark Mehrtens Sebagai Pilot Susi Air


Philip Mehrtens merupakan pilot asal Selandia Baru yang menikah dengan perempuan asal Indonesia.


Pada 2019, Mehrtens dan keluarga pindah ke Hong Kong. Saat itu ia bekerja untuk Cathay Dragon, anak perusahaan Cathay Pacific yang berhenti beroperasi pada 2020 karena pandemi Covid-19.


Mehrtens lalu kembali ke Susi Air. Dia menerbangkan pesawat melewati "jalur berbahaya" yakni landasan pacu jarak pendek di bukit curam.


"Ini menunjukkan betapa dia sangat sayang keluarga, karena rela menempatkan diri dalam risiko demi mendapat uang untuk menghidupi keluarganya," kata mantan sejawat Mehrtens yang enggan disebutkan identitasnya kepada Sydney Morning Herald.


"Phil adalah orang yang baik. Tak ada orang yang pernah bicara buruk tentang dia."


OPM lewat juru bicaranya Sebby Sambom baru-baru ini merilis kondisi pilot pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY usai sepekan pasca penyanderaan.


Dalam salah satu video, Mehrtens menyampaikan pesan singkat bahwa dirinya disandera agar Papua bisa merdeka.


"Kelompok Papua menangkap saya dan mereka berjuang untuk kemerdekaan Papua. Mereka minta agar militer Indonesia pulang dan jika tidak mereka tetap menahan saya dan keselamatan saya akan terancam," kata Mehrtens.


Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen M. Saleh Mustafa mengatakan tuntutan OPM yang menyandera pilot Susi Air sudah didengar pihaknya. Meski demikian, ia menyebut aparat gabungan TNI-Polri akan tetap mencari keberadaan pilot tersebut.


"Bahwa dalam video tersebut tuntutan gerombolan KST sudah kita dengar. Aparat TNI-Polri terus melakukan pencarian secara maksimal," kata Saleh dalam keterangan tertulis, Rabu (15/2/2023).


TNI sendiri sempat membantah bahwa Mehrtens disandera OPM. Namun tak lama, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengonfirmasi Mehrtens memang diculik kelompok tersebut.


"Sampai hari ini masih terjadi penyanderaan oleh sekelompok orang KKB di Papua, yang masih menyandera Kapten Pilot Philips Max Mehrtens yang belum dilepas," kata Mahfud dalam konferensi pers.


Menanggapi penyanderaan warganya, pemerintah Selandia Baru menyatakan telah mengetahui foto dan video Mehrtens yang dirilis OPM. Namun mereka memilih tak memberikan komentar.


"[Kami] mengetahui foto dan video yang beredar, tetapi kami tak akan berkomentar lebih jauh soal ini," demikian pernyataan kementerian itu kepada CNN, Rabu (15/2/2023).


Wartawan sudah menghubungi Kedutaan Besar Selandia Baru di Jakarta untuk meminta tanggapan terkait penyanderaan Mehrtens. Namun, mereka tak segera memberi komentar. (blq/bac)