Notification

×

Iklan

Iklan

Kalahkan Volkanovski, Islam Makhachev Petarung Nomor 1 UFC

Minggu, 12 Februari 2023 | 22:10 WIB Last Updated 2023-02-12T15:10:49Z

Islam Makhachev berhasil mengalahkan Alexander Volkanovski. (REUTERS/CHRISTOPHER PIKE)

ARN24.NEWS
– Islam Makhachev berhasil mengalahkan Alexander Volkanovski di UFC 284. Hal ini membuatnya menjadi petarung nomor 1 di UFC.


Makhachev menaklukkan Volkanovski lewat kemenangan angka mutlak. Tiga juri memberikan keunggulan untuk Makhachev dengan skor 48-47, 48-47, dan 49-46.


Berikut kronologi duel panas Makhachev vs Volkanovski:


Ronde 1


Laga dimulai dengan standing fight. Kedua petarung berusaha untuk saling membaca gerakan dan coba melontarkan jab. Sikap waspada dan berhati-hati terus diperlihatkan kedua petarung di 1,5 menit awal.


Volkanovski mulai menyerang dan menekan. Satu pukulan telak yang ia sarangkan sempat membuat Makhachev kehilangan keseimbangan. Volkanovski kemudian terlihat lebih agresif dengan rangkaian serangan hingga setengah ronde pertama berjalan.


Setelah itu, Makhachev mulai agresif menyerang dan melepaskan pukulan serta tendangan. Makhachev kemudian berhasil berada di punggung Volkanovski untuk mulai memaksa pertandingan ke grappling.


Makhachev kemudian berhasil melakukan takedown dan terus berada di belakang Volkanobvski. Makhachev berusaha untuk melakukan kuncian pada leher Volkanovski sambil bersandar di pagar octagon. Volkanovski bisa bertahan dan ronde pertama pun usai.


Ronde 2


Kedua petarung sudah saling tukar pukulan sejak ronde kedua dimulai. Volkanovski sukses mendesak Makhachev dan coba melancarkan kuncian.


Namun Makhachev berhasil lepas dari ancaman itu dan berbalik menekan. Makhachev kembali berada di posisi belakang Volkanovski. Volkanovski lalu berhasil lepas dari kuncian dan pertandingan kembali berjalan dalam posisi berdiri.


Pertandingan makin sengit karena kedua petarung terus berani tukar pukulan. Keduanya bergantian melancarkan serangan dan tidak ada yang dominan memilih bertahan. Pukulan Makhachev sempat membuat Volkanovski goyah namun petarung Australia itu bisa bertahan dan melakukan serangan balik.


Volkanovski benar-benar jadi lawan yang tangguh bagi Makhachev. Ia berhasil bertahan dari berbagai upaya Makhachev untuk melakukan takedown.


Ronde 3


Setelah pertarungan dalam posisi berdiri, Makhachev mulai agresif menyerang dan coba membawa laga ke ground fighting di pertengahan ronde ketiga.


Dalam posisi tukar pukulan, pukulan siku Makhachev sempat mendarat telak di wajah Volkanovski. Volkanovski juga sempat mendaratkan serangan telak.


Volkanovski berhasil bertahan dan kembali membawa pertarungan dalam posisi berdiri. Tensi pertandingan sempat agak menurun memasuki menit keempat ronde ketiga.


Di 30 detik terakhir, Makhachev sempat terjatuh ketika menghadapi rentetan pukulan Volkanovski. Tetapi Makhachev mampu bangkit dengan cepat.


Ronde 4


Di ronde keempat, Makhachev dan Volkanovski kembali berusaha saling tukar pukulan. Hingga awal ronde keempat, Makhachev unggul dalam hal significant strike dengan 45 berbanding 36 pukulan.


Makhachev lalu sukses melakukan takedown dan berhasil berada di punggung Volkanovski. Waktu masih tersisa tiga menit dalam momen tersebut.


Walaupun dalam posisi sulit, Volkanovski terus berusaha menjaga ancaman lebih lanjut dari Makhachev. Keduanya saling melepaskan pukulan dalam posisi tersebut hingga ronde keempat usai.


Ronde 5


Pertarungan antara Makhachev lawan Volkanovski makin memanas. Setelah dua menit awal bertarung dalam posisi berdiri, Makhachev coba kembali melakukan upaya kuncian. Tetapi Volkanovski bisa melepaskan diri dari hal tersebut.


Pelipis kiri Volkanovski sudah mengeluarkan darah di ronde kelima. Tak lama berselang, pelipis kiri Makhachev juga sudah terbuka dan mengeluarkan darah.


Volkanovski kemudian berada dalam posisi lebih menguntungkan di matras karena ia berada di atas Makhachev. Volkanovski melontarkan pukulan dan Makhachev berupaya keras untuk bertahan.


Volkanovski lalu terus melepaskan pukulan hingga ronde kelima berakhir.


Kedua petarung mampu menyelesaikan lima ronde. Penentuan pemenang lalu dilakukan lewat penilaian juri.


Islam Makhachev kemudian keluar sebagai pemenang dengan kemenangan angka mutlak. Tiga juri memberikan keunggulan untuk Makhachev lewat skor 48-47, 48-47, 49-46. (ptr/rhr)