Notification

×

Iklan

Iklan

Polda Sumut dan Kodam I/BB Gelar Tactical Floor Game Pengamanan F1 Powerboat

Kamis, 16 Februari 2023 | 19:01 WIB Last Updated 2023-02-16T12:01:58Z


ARN24.NEWS
– Polda Sumatera Utara (Sumut) menggelar rapat bersama Kodam I Bukit Barisan, Kemenko Marves beserta Pemkab Toba membahas pengamanan F1 Powerboat Danau Toba, Kamis (16/2/2023).


Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, rapat bersama itu dikemas dalam Tactical Floor Game Operasi Hopal Toba 2023 dipimpin Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.


Kemudian Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Daniel A Chardin, Perwakilan Kemenko Marves, Sahli Gubsu serta Bupati Toba Poltak Sitorus.


Pantauan di lokasi, pelaksanaan Tactical Floor Game yang digelar untuk menyatukan persepsi seluruh stakeholder dalam pengamanan selama event internasional F1 Powerboat di Danau Toba mulai 24-26 Februari 2023.


Selama digelarnya F1 Powerboat Danau Toba telah disiapkan sejumlah personel TNI/Polri untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas. 


Juga disiapkan Tim Basarnas untuk mengantisipasi jika terjadinya bencana serta medis untuk memberikan pertolongan kesehatan jika ada peserta F1 Powerboat maupun pengunjung yang terluka.


Tidak hanya itu, untuk mempercepat proses pertolongan medis telah disiagakan sebanyak tiga unit helikopter di Kota Balige untuk membawa para peserta F1 Powerboat jika terluka lalu dibawa ke RSUP Adam Malik.


"Hari ini kita membahas pengamanan jelang F1 Powerboat Danau Toba dengan digelarnya Tactical Floor Game Operasi Hopal Toba 2023," kata Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.


Menurutnya, Tactical Floor Game yang digelar sebagai bentuk simulasi pengamanan terpadu F1 Powerboat. Diharapkan usai pelaksanaan Tactical Floor Game pengamanan F1 Powerboat berjalan lancar. Nantinya, selama event F1 Powerboat akan dilakukan rekayasa lalu lintas di Kota Balige.


Oleh karena itu, Panca mengungkapkan agar pelaksanaan rekayasa lalu lintas berjalan lancar akan ditingkatkan sosialisasi kepada masyarakat. Serta seluruh personel setelah mengikuti Tactical Floor Game sudah mengatahui tugasnya masing-masing.


"Besok, kita akan menggelar apel pasukan dalam pengamanan F1 Powerboat. Sejauh ini persiapan event balapan perahu motor kelas internasional sudah mencapai 94 persen," pungkasnya. (sh)