Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi Antar Klub, Al Ahly VS Real Madrid: Tanpa Pemain Pilar (LIVE TVRI KAMIS DINI HARI PUKUL 02.00 WIB)

Rabu, 08 Februari 2023 | 10:27 WIB Last Updated 2023-02-08T03:28:10Z

ARN24.NEWS --
Meski Real Madrid dan Al Ahly menjadi langganan peserta Piala Dunia Antarklub, kedua tim belum pernah bertemu sebelumnya. Laga di babak semifinal Piala Dunia Antarklub 2023 nanti bakal jadi pertemuan pertama Real Madrid dan Al Ahly.

Bertanding di Prince Moulay Abdellah Stadium di babak semifinal Piala Dunia Antaraklub, Kamis (9/2/2023) pukul 02.00 WIB, dipastikan Real Madrid tanpa sejumlah pemain pilar. Bagi Real Madrid, yang datang ke Piala Dunia Antarklub 2023 sebagai juara Liga Champions. Sebaliknya, Al Ahly yang punya status runner-up Liga Champions Afrika harus melewati babak penyisihan dengan menundukkan 2 lawan sebelum bermain di semifinal. 

Madrid datang ke Maroko tidak dengan amunisi penuh. Mereka telah merilis 22 nama skuad yang dibawa Ancelloti dari Spanyol. Sejumlah pemain kunci, seperti Thibaut Courtois, Karim Benzema, Eder Militao, Lucas Vazquez, dan Ferland Mendy dipastikan absen di laga kontra Al Ahly. Perfoma Madrid juga kurang maksimal di 3 laga terakhir. 

El Real hanya meraih satu kemenangan, 1 hasil seri, dan sekali kalah. Mereka juga dipusingkan dengan jadwal padat di LaLiga, Copa del Rey, Piala Super Spanyol, hingga Liga Champions beberapa pekan mendatang. Madrid adalah langganan juara Piala Dunia Antarklub. Los Blancos mengoleksi 4 gelar dari 6 keikutsertaan mereka di turnamen ini sejak tahun 2000. 

Sebaliknya, tim lawan juga tak bisa dianggap enteng. Al Ahly datang dengan kondisi tim lebih baik, dan berpotensi merepotkan Madrid yang tengah pincang. Al Ahly merupakan pengoleksi 10 gelar Liga Champions Afrika alias yang terbanyak sejauh ini, dan 8 kali lolos ke Piala Dunia Antarklub. Raihan terbaik Al Ahly ialah mengakhiri turnamen di posisi ke-3. 

Al Ahly mendapatkan jatah ke Piala Dunia Antarklub lantaran pemenang Liga Champions Afrika musim lalu, yakni Wydad AC asal Maroko, berstatus sebagai tuan rumah. Prediksi Real Madrid vs Al Ahly Piala Dunia Antarklub 2023 Setelah menyingkirkan Atletico Madrid di perempat final Copa del Rey, Real Madrid hanya menang sekali dari 3 pertandingan terakhir. Jadwal pertandingan yang padat 
nampaknya menguras tenaga tim. 

Selama Januari 2023 lalu, Los Blancos memainkan 8 pertandingan kompetitif. Sementara itu, pada awal Februari, skuad Carlo Ancelloti telah bertanding 2 kali. Dampaknya, performa Madrid kurang konsisten dan El Real semakin tertinggal dari Barcelona yang menguasai puncak klasemen LaLiga. Kendati begitu, pelatih Real Madrid, Carlo Ancelloti enggan membuang kesempatan meraih gelar di musim ini. 

Terlebih, klub ibu kota Spanyol itu telah kehilangan satu gelar di Supercopa de Espana. "Kami tidak akan membuang [peluang meraih gelar] di turnamen apa pun, kami sangat dekat; di semifinal Copa del Rey, babak 16 besar (Liga Champions) Eropa, semifinal Piala Dunia Klub," kata Ancelotti pekan lalu, seperti dilansir ESPN. 

Catatan ARN24.NEWS 
 
Ancelloti mengakui kelelahan sedang menerpa skuad Madrid. Namun, Madrid juga telah melakukan banyak rotasi di laga terakhir kontra Mallorca pekan lalu. Keputusan Ancelotti itu untuk membuat kondisi timnya lebih siap di Piala Dunia Antarklub. "Para pemain lelah. Kami selalu menantikan laga untuk memperjuangkan setiap gelar, tetapi kami melampaui batas kami dengan jadwal 
yang ada. Kami harus melakukan sesuatu guna menghindari situasi ini," ujar Ancelotti. 

Situasi sulit yang dihadapi oleh Madrid bisa dimanfaatkan tim lawan, Al Ahly. Mereka lolos ke fase semifinal usai menudundukan wakil Concacaf, Seattle Sounders, dan wakil Oseania, Auckland City. Menilik kualitas skuad, Al Ahly dihuni oleh mayoritas pemain Timnas Mesir. Mereka pun memiliki 6 legiun asing yang mayoritas berasal dari Afrika. Saat ini, Al Ahly merupakan pemuncak klasemen 
Liga Primer Mesir dengan catatan tidak terkalahkan. 

Keikutsertaan terakhir Al Ahly di Piala Dunia Antarklub pada 2021 silam. Kala itu mereka tunduk 2-0 saat menghadapi klub Brasil, Palmeiras di semifinal. The Red Giants masih bisa meraih peringkat ke-3 usai mengalahkan wakil Arab Al Hilal dengan skor 0-4. 

Al Ahly juga memiliki jadwal cukup padat. Mereka memainkan enam laga selama Januari, dan dua pertandingan babak penyisihan Piala Dunia Antarklub di Februari. Adapun Liga Mesir juga tak libur selama Piala Dunia 2022 berlangsung di Qatar. Meskipun demikian, pelatih Al Ahly Marcel Koler mengaku antusias menyambut duel kontra Madrid, yang akan dijalani oleh timnya. 

“Akan ada persiapan teoretis dan teknis untuk pertandingan. Ini akan menjadi tantangan besar melawan Real Madrid,” ujarnya beberapa hari lalu, melansir laporan Ahram.

Rotasi pemain yang dilakukan Real Madrid di laga terakhir kontra Mallorca memungkinkan mereka tampil dengan susunan pemain terbaik. Toni Kross dan Luka Modric bisa kembali mengawal lini tengah. Lini depan yang ditinggal Benzema kemungkinan akan ditempati oleh Rodrygo bersama Asensio dan Vinicius Jr. 

Namun, rotasi masih memungkinkan dilakukan oleh Don Carlo demi menjaga kebugaran pemain. Sebaliknya, Al Ahly bisa datang dengan formasi pemain terbaik. Pencetak gol di turnamen, Hussein El Shabat berpeluang tampil sejak menit awal. Daya dobrak kemungkinan bakal ditopang Amr El-Solia dan Hamdi Fathi yang sebelumnya telah dimainkan di 2 laga penyisihan.

Al-Ahly memenangi 7 dari 8 laga terakhirnya di Al-Ahly. Al-Ahly selalu menang dalam 5 laga terakhirnya di semua kompetisi. Al-Ahly selalu clean sheet dalam 4 laga terakhirnya di semua kompetisi. Al-Ahly selalu mencetak minimal 2 gol dalam 5 dari 8 laga terakhirnya di Al-Ahly.

Madrid memenangi 4 dari 6 laga terakhirnya di semua kompetisi. Madrid mencatatkan 3 clean sheet dalam 5 laga terakhirnya di semua kompetisi. Madrid selalu menang dalam 9 laga terakhirnya di ajang Piala Dunia Antarklub.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Al-Ahly (4-3-3): El Shenawy; Hany, Metwalli, Abdelmonem, Maaloul; Fathi, Dieng, El Solia; Tau, Sherif, Abdel Kader. (Pelatih: Marcel Koller) 

Real Madrid (4-3-3): Lunin; Carvajal, Nacho, Rudiger, Alaba; Kroos, Tchouameni, Modric; Valverde, Rodrygo, Vinicius. (Pelatih: Carlo Ancelotti) 

5 LAGA TERAKHIR AL AHLY: 
17-01-23 Al-Ahly 3-1 Smouha (Piala Domestik)
22-01-23 Zamalek 0-3 Al-Ahly (Liga)
25-01-23 Al-Ahly 1-0 National Bank (Liga)
02-02-23 Al-Ahly 3-0 Auckland City (PD Antarklub)
05-02-23 Seattle Sounders 0-1 Al-Ahly (PD Antarklub).

5 LAGA TERAKHIR REAL MADRID: 
23-01-23 Bilbao 0-2 Madrid (La Liga)
27-01-23 Madrid 3-1 Atletico (Copa del Rey)
30-01-23 Madrid 0-0 Sociedad (La Liga)
03-02-23 Madrid 2-0 Valencia (La Liga)
05-02-23 Mallorca 1-0 Madrid (La Liga).

STATISTIK: 
AL AHLY Menang: 25%
Imbang: 25%
REAL MADRID Menang: 50%
SKOR: 0 - 2 (1 1/2 : 0)