Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi EPL, Bournemouth VS Newcastle: Laga Spesial...(LIVE SCTV MINGGU DINI HARI PUKUL 00.30 WIB)

Sabtu, 11 Februari 2023 | 14:57 WIB Last Updated 2023-02-11T07:58:02Z

ARN24.NEWS --
Newcastle sepertinya tak memiliki kendala menghadapi Bournemouth di pekan ke 23 English Premier League (EPL) 2022/2023, di Stadion Vitality, Minggu (12/2/2023) pukul 00.30 WIB. Bahkan, sejumlah prediksi menyebut Newcastle bisa memetik angka penuh meski mereka bermain di kandang lawan. 

Newcastle membidik posisi 3 yang kini dihuni oleh Man United. MU masih mungkin dikejar karena Newcastle hanya tertinggal 3 angka dan masih punya tabungan 1 laga. Terlebih, Man United gagal meraup poin penuh usai ditahan imbang 2-2 oleh Leeds United. Dalam 2 laga terakhirnya di Liga Inggris, The Magpies gagal mengunci 3 poin. 

Teranyar, Newcastle ditahan seri 1-1 oleh West Ham. Adapun dari 5 pertandingan terkini di semua kompetisi, Newcastle mencatatkan 3 kemenangan dan 2 hasil seri. Peluang Newcastle untuk kembali menapaki tren kemenangan terbuka karena calon lawannya juga sedang dalam kondisi tersudut. Bournemouth belum pernah menang di 8 pertandingan terakhir. 

Di 8 laga tersebut, Bournemouth bahkan hanya meraih hasil seri sekali, dan menelan 7 kekalahan. Performa buruk itu membikin peringkat Bournemouth melorot hingga posisi 2 terbawah. Kini, tim asuhan Gary O’Neil terpaut 2 angka dari Leeds di peringkat 16. Kemenangan berpotensi membawa mereka keluar dari zona merah. 

Laga Bournemouth vs Newcastle bakal menjadi pertandingan spesial bagi pelatih Newcastle, Eddie Howe. Sebab, ia merupakan legenda hidup Bournemouth, dan pernah menjadi bagian tim sebagai pemain maupun pelatih. Howe pernah sukses mengantarkan Bournemouth promosi dari divisi 4 (League Two) hingga naik ke Liga Inggris pada 2015. Namun, Howe mengakhiri karier di Bournemouth setelah tim tersebut terdegradasi ke Championship pada 2020 silam. 

Newcastle mengalami sedikit penurunan di Liga Inggris dengan gagal menang di 2 partai terakhir. Kepadatan jadwal laga dan absennya sejumlah pemain menyulitkan langkah The Magpies. Mereka yang absen di beberapa laga terakhir seperti Aleksander Isak, Guimaraes, Javier Manquillo, hingga Matt Targett. Situasi ini membuat Eddie Howe harus memutar otak. 

Ia mengakui kegagalan timnya dalam 2 laga terakhir tak lepas dari absennya Guimaraes, pemain Brasil yang punya peran vital di lini tengah. Guimaraes absen dalam 3 pertandingan akibat skorsing kartu merah di semifinal Piala Liga kontra Southampton. DIa baru akan kembali saat The Magpies meladeni MU di partai puncak, akhir bulan ini. 

Guimaraes sejauh ini berkontribusi atas 6 gol (3 assist-3 gol), tertinggi ketiga di tim setelah Miguel Almiron dan Callum Wilson. Guimaraes mencatatkan Rerata 40,4 passing per laga dengan akurasi 83 persen, atau tertinggi di tim. Peran kuncinya juga dibutuhkan di pertahanan, mengingat sejauh ini ia tercatat melakukan 2,2 tekel per-laga, alias tertinggi kedua di tim setelah Joelinton. 

Tanpa Guimaraes di laga terakhir, Newcastle masih tampil dominan dengan 63% penguasaan bola. Namun, The Magpies kalah dalam penciptaan peluang, dengan 8 tembakan (2 on target) dibanding West Ham yang melepaskan 10 tembakan (1 on target). 

“Semua pemain lini tengah kami yang bermain tanpa kehadirannya tampil dengan baik. Saya tidak berpikir itu kritik terhadap mereka (penganti). Menurut saya, ia [Guimaraes] tak tergantikan. Anda akan merindukannya, dan saya pikir kami merindukan mata kreatifnya," ucap Howe usai laga seri tim asuhannya kontra West Ham, seperti dilansir ITV. 

Hasil imbang terakhir jelas menjadi cambukan bagi Newcastle yang masih ingin bersaing di papan atas. Kebangkitan harus segera diraih. Apalagi pekan depan mereka bakal ditantang Liverpool. "Kami tidak menikmati posisi kami saat ini [peringkat 4], tetapi saya pikir hari ini [melawan West Ham] tim bermain dengan sangat baik," ujar Howe. 

Catatan ARN24.NEWS 
 
Situasi lebih sulit dihadapi oleh Bournemouth, yang tentu menyudutkan Gary O’Neil. Sejak menjadi pelatih menggantikan Scott Parker, November 2022 lalu, O’Neil hanya bisa membuat tim meraih 1 poin dari 8 laga. Apalagi, Bournemouth kemungkinan kehilangan tujuh pemain. Di antara mereka termasuk Dominic Solanke yang sudah mencetak 3 gol dan 3 assist musim ini. 

"Jalan masih panjang. Jadi, sama lagi minggu depan [melawan Newcastle], kita coba menangkan pertandingan," tegas O’Neil usai timnya takluk 1-0 dari Brighton, seperti dilansir Chroniclelive. Menilik catatan kedua tim, Newcastle baru kalah sekali musim ini, dengan 10 kemenangan dan 10 seri. The Magpies tercatat meraih 4 kemenangan, 5 hasil seri, dan 1 kali kalah di partai away. 

Sebaliknya, Bournemouth baru 4 kali menang, 5 kali seri, dan menelan 12 kekalahan pada musim ini. Di partai home, mereka pernah 3 kali menang, 3 kali seri, dan 4 kali kalah. Newcastle harus menepikan Bruno Guimaraes yang terkena skorsing, ditambah dengan Alexander Isak, Javier Manquillo, Matt Targett karena cedera. Terlepas dari hal itu, Newcastle kemungkinan masih akan mengandalkan trio Almiron, Callum Wilson, dan Allan Saint-Maximin. 

Lini tengah masih akan dikawal Joelinton dan Joe Willock. Namun kedua pemain ini bisa saja absen lantaran sama-sama menerima kartu kuning di laga terakhir. Sementara itu, kubu Bournemouth kemungkinan masih akan tampil pincang dengan kehilangan sejumlah pemain seperti Jack Stephens, David Brooks, Marcus Tavernier, Dominic Solanke, Lewis Cook, Ryan Fredericks, hingga Junior Stanislas.

Newcastle tidak terkalahkan dari Bournemouth dalam 5 pertemuan terakhir. The Magpies meraih 3 kemenangan dan 2 hasil seri. Data skor H2H (head to head) Bournemouth vs Newcastle itu secara jelas menunjukkan dominasi tim tamu atas tuan rumah.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN: 
Bournemouth (4-4-1-1): Neto; Jordan Zemura, Marcos Senesi, Chris Mepham, Adam Smith; Jaidon Anthony, Philip Billing, Jefferson Lema, Dango Ouattara; Hamed Jr Traore, Antoine Semenyo. (Pelatih: Gary O’Neil) 

Newcastle (4-3-3): Nick Pope; Kieran Trippier, Fabian Schar, Sven Botman, Dan Burn; Joe Willock, Elliot Anderson, Joelinton; Miguel Almiron, Callum Wilson, Allan Saint-Maximin. (Pelatih: Eddie Howe) 

5 PERTEMUAN TERAKHIR: 
20/12/22 Newcastle vs Bournemouth 1-0 
17/09/22 Newcastle vs Bournemouth 1-1 
01/07/20 Bournemouth vs Newcastle 1-4 
09/11/19 Newcastle vs Bournemouth 2-1 
16/03/19 Bournemouth vs Newcastle 2-2. 

5 LAGA TERAKHIR BOURNEMOUTH: 
04/02/23 Brighton vs Bournemouth 1-0 
21/01/23 Bournemouth vs Nottingham Forest 1-1 
15/01/23 Brentford vs Bournemouth 2-0 
07/01/23 Bournemouth vs Burnley 2-4 
04/01/23 Manchester United vs Bournemouth 3-0 

5 LAGA TERAKHIR NEWCASTLE: 
05/02/23 Newcastle vs West Ham 1-1 
01/02/23 Newcastle vs Southampton 2-1 
25/01/23 Southampton vs Newcastle 0-1 
22/01/23 Crystal Palace vs Newcastle 0-0 
15/01/23 Newcastle vs Fulham 1-0

STATISTIK: 
BOURNEMOUTH Menang: 15%
Imbang: 24%
NEWCASTLE Menang: 51%
SKOR: 1 - 2  (1 : 0). (nt/sumber)