Notification

×

Iklan

Iklan

Soal Bharada Richard Eliezer Kembali ke Brimob, Kapolri: Peluang Itu Ada!

Sabtu, 18 Februari 2023 | 01:05 WIB Last Updated 2023-02-17T18:05:12Z

Jenderal Listyo Sigit Prabowo.  (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Mantan ajudan Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer memiliki harapan besar bisa kembali berdinas di Brimob Polri usai menjalani hukuman satu tahun enam bulan penjara. 


Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya terbuka untuk mempertimbangkan kelanjutan karier Bharada Eliezer.


"Tentunya kan kita setiap hari juga mengikuti bagaimana perjalanan sidang. Apa yang menjadi pertimbangan hakim tentunya akan menjadi catatan-catatan kita," kata Sigit seperti dilansir dari detikNews, Sabtu, (18/2/2023).


Jenderal bintang empat ini menuturkan pertimbangan karir Eliezer juga nantinya dilihat dari harapan masyarakat. Apabila semua pihak yang terdampak menerima, hal tersebut bisa menjadi pertimbangan di kode etik selanjutnya.


"Kita juga melihat apa yang menjadi harapan masyarakat, harapan orang tua, itu menjadi pertimbangan kami dalam waktu dekat," tutur Sigit.


"Apabila memang yang bersangkutan sudah menyatakan menerima, itu semua menjadi bagian yang tentunya akan dijadikan pertimbangan bagi komisi kode etik, bagi institusi untuk bisa memutuskan suatu keputusan yang adil bagi semua pihak," katanya.


Saat ditanya terkait kemungkinan Bharada Eliezer kembali ke Brimob, Sigit mengatakan peluang akan selalu ada.


"Peluang itu ada (Bharada E kembali ke Brimob). Kita minta untuk tim dari Propam mempersiapkan sebagai sesuatunya kalau memang bisa dilaksanakan," ujar Sigit.


Selain itu, sebelumnya Jenderal Sigit memerintahkan Divisi Propam Polri segera menggelar sidang kode etik profesi Polri (KEPP) terhadap Bharada Richard Eliezer (Bharada E). Sidang digelar untuk menentukan nasib kedinasan Bharada E di Polri.


"Secepatnya (digelar sidang etik Bharada E). Perintah Bapak Kapolri juga secepatnya untuk segera digelar pelaksanaan sidang Bharada Richard Eliezer," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedy Prasetyo, Kamis (16/2/2023).


Dedy mengaku saat ini belum bisa memastikan jadwal sidang kode etik tersebut. Dedi memastikan pihaknya akan segera menyampaikan ke publik bila jadwal sidang etik Eliezer sudah ditentukan.


Bharada Eliezer berharap bisa kembali berdinas di Brimob Polri usai menjalani hukuman. Harapan itu disampaikan Eliezer melalui pengacaranya, Ronny Talapessy usai sidang vonis. Eliezer disebut bangga menjadi anggota Brimob.


"Iya, Richard kan sampaikan bahwa dalam pleidoi pribadinya bahwa dia bangga menjadi anggota Brimob," kata Ronny, Rabu (15/2/2023).


Ronny menyebut, Bharada E memiliki asa yang sangat besar untuk kembali ke Brimob usai menjalani hukuman. Apalagi, dia adalah tulang punggung dan harapan bagi keluarga.


"Itu adalah pegangannya dia. Richard ini adalah tulang punggung keluarga, harapan keluarga, tulang punggung keluarga. Kita harapkan adalah Richard kembali menjadi anggota Polri," kata Ronny. (dtc/ans)