Notification

×

Iklan

Iklan

Penalti Salah Melebar, Liverpool Tumbang dari Tim Papan Bawah

Minggu, 12 Maret 2023 | 00:31 WIB Last Updated 2023-03-11T17:31:46Z

Ekspresi Salah usai gagal mencetak gol penalti. (Getty Images)


ARN24.NEWS – Bournemouth menumbangkan Liverpool 1-0 dalam lanjutan Liga Inggris musim ini. Tampil dominan nyatanya tak membuat The Reds berhasil membawa pulang kemenangan.


Di Vitality Stadium, Sabtu (11/3/2023), gol tunggal Bournemouth dicetak oleh tembakan Philip Billing di menit ke-28. Liverpool yang tampil dominan melepaskan enam shot on target namun tak ada yang berbuah gol.


Kans menyamakan kedudukan lewat titik penalti pun terbuang percuma usai tembakan Mohamed Salah melebar dari target. Kekalahan ini amat kontras dibandingkan hasil pekan lalu, ketika mereka menghajar Manchester United 7-0.


Dengan hasil ini, Bournemouth keluar dari zona degradasi. Mereka naik ke urutan 16 dengan mengumpulkan 24 poin dari 26 laga. Sedangkan Liverpool tak beranjak dari peringkat lima dengan 42 poin dari 26 laga.


Jalannya pertandingan

Liverpool sudah mengancam lewat tembakan jarak jauh Mohamed Salah di menit ke-5, namun bisa diamankan kiper Neto Murara. Sundulan Virgil van Dijk semenit kemudian berhasil diblok Jefferson Lerma.


Darwin Nunez ikut melepaskan tendangan jarak jauh di menit ke-11, namun lagi-lagi mengarah ke Neto. Dua menit berselang, kiper Brasil itu menggagalkan tembakan jarak dekat Andy Robertson.


Meski banyak diserang, Bournemouth justru unggul lebih dulu di menit ke-28. Dango Ouattara lolos dari jebakan offside untuk menerima umpan terobosan dari belakang lalu berlari lepas dari kawalan Virgil van Dijk dan Andy Robertson.


Ouattara kemudian mengirim umpan silang dari sisi kanan ke depan gawang yang dituntaskan Philip Billing dengan satu sontekan tanpa bisa dihalau kiper Alisson Becker. Bournemouth memimpin 1-0.


Liverpool berupaya menyamakan kedudukan. Peluang bagus hadir lewat sundulan Van Dijk yang memanfaatkan umpan Robertson di menit ke-41, namun bola bergerak melebar di sisi kiri gawang. Skor 1-0 untuk tuan rumah menutup babak pertama.


Pada babak kedua, masuknya Diogo Jota membuat lini serang Liverpool makin berbahaya. Pemain Portugal itu mendapat peluang emas di menit ke-49, tetapi tembakan jarak dekatnya berhasil dihalau Neto.


Menit ke-67, Liverpool meminta penalti usai sundulan Jota membentur tangan Adam Smith di kotak penalti Bournemouth. Wasit John Brooks kemudian mengecek tayangan ulang dan memutuskan menunjuk titik putih.


Salah maju sebagai eksekutor, namun tembakan striker Mesir itu melebar ke sisi kiri gawang meski Neto sudah salah menebak arah. Suporter Bournemouth bersorak, tuan rumah tetap memimpin 1-0.


Bournemouth tak diam saja. Ryan Christie yang baru masuk di menit ke-70 mendapat kans mencetak gol di menit ke-83, tetapi tembakannya berhasil ditepis Alisson. Skor 1-0 bertahan hingga usai laga. (adp)