Notification

×

Iklan

Iklan

Sabet 10 Emas, Medan Barat Kuasai Atletik Porwil VIII/2023

Jumat, 03 Maret 2023 | 12:09 WIB Last Updated 2023-03-03T05:09:56Z

Atlet atletik nomor tolak peluru dalam pertandingan Porwil Medan VIII/2023. (Istimewa)

ARN24.NEWS
– Kontingen Kecamatan Medan Barat memastikan juara umum cabor atletik, di hari terakhir pertandingan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Medan VII/2023 di lintasan Yonkav 6/ NK Medan Sunggal, Medan Barat sukses raih 10 medali emas, 2 perak, dan 4 perunggu.


Posisi kedua direbut Medan Belawan dengan meraih 9 emas, 9 perak, dan 8 perunggu. Kemudian diikuti Medan Labuhan 2 emas, 1 perak, 3 perunggu. 


Lalu, Medan Deli 1 emas, 6 perak, 4 perunggu, Medan Marelan 1 emas, 4 perak, 2 perunggu, Medan Timur 1 emas, 2 perak, 3 perunggu. Sedangkan Medan Helvetia tanpa medali. 


Dua dari 10 medali emas Medan Barat dipersembahkan melalui M Deka di nomor lari 100 dan 200 meter putra. Di nomor lari 100 meter putra, Deka sukses finish tercepat dengan catatan waktu 13,18 detik. 


Kemudian di nomor 200 meter, Deka kembali mencatatkan waktu terbaik dengan waktu 25,02 detik. 


Deka mengucap syukur bisa persembahkan medali emas bagi Medan Barat. Atlet pelajar ini bermimpi bisa tampil konsisten di event selanjutnya demi membela kota Medan di kejuaraan lebih tinggi.


"Saya punya mimpi dan keinginan tampil di PON. Semoga ke depan bisa latihan lebih baik lagi," ucap Deka.


Ketua KONI Medan Drs Eddy H Sibarani mengapresiasi tingginya animo atlet yang ambil bagian di ajang Porwil Medan 2023. Salah satunya cabor atletik yang dipertandingkan di wilayah III, tampak antusias atlet pelajar sangat tinggi.


Total ada 198 atlet dari 7 kecamatan se Kota Medan yang mengirimkan atletnya. Eddy berharap ini menjadi kebangkitan bagi atletik Medan untuk bisa melahirkan bibit atlet guna menjadi andalan Medan bahkan Sumut di event nasional.


“Dari 20 cabor yang kita pantau langsung, rata-rata jumlah peserta secara kuantitas ramai semua. Meski hanya diikuti 7 kecamatan. Kedua antusiasme dan keseriusan bertanding,” ucap Eddy Sibarani didampingi Wakil Binpres KONI Medan, Siegfried.


Sementara Sekum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Medan, Syafriadi mengapresiasi gelaran Porwilcam yang selalu rutin dilaksanakan tiap tahunnya. Melalui kejuaraan berjenjang seperti ini, PASI Medan berharap akan terjaring bibit-bibit baru yang bisa menjadi generasi emas.


“Kami sangat apresiasi dengan gelaran Porwil yang ke-8 ini. Tidak hanya itu, karena ini akan berjenjang ke Porkot. Maka, kami berharap bisa menjaring atlet potensial dari kecamatan-kecamatan yang nantinya menjadi wakil Sumut di event nasional,” harap Syafriadi.


Porwil cabor atletik mempertandingkan total 24 nomor, masing-masing 12 putra dan 12 putri, dengan total 24 medali emas. 


Pada Porwil 2023 ada 7 kecamatan yang tergabung dalam wilayah II, antara lain Kecamatan Medan Labuhan, Medan Belawan, Medan Deli, Medan Marelan, Medan Helvetia, Medan Barat, dan Medan Timur. (sh)