Notification

×

Iklan

Iklan

5 Klub Italia Lolos Semifinal Kompetisi Eropa

Jumat, 21 April 2023 | 18:35 WIB Last Updated 2023-04-21T11:35:00Z

AS Roma, salah satu klub Italia masuk semifinal kompetisi Eropa. (REUTERS)


ARN24.NEWS – Klub-klub Italia menunjukkan geliat luar biasa di kompetisi Eropa musim ini. Ada lima klub Italia yang bertahan di semifinal tiga kompetisi Eropa.


Klub-klub Italia berpeluang menyapu bersih gelar Liga Champions, Liga Europa, dan Conference League. Satu tempat di babak final bahkan sudah dipastikan di ajang Liga Champions.


Hal itu lantaran AC Milan dan Inter Milan bertemu di semifinal Liga Champions. Dengan demikian salah satu dari mereka akan berjuang memburu gelar Liga Champions yang sudah lama tidak dimenangkan oleh klub Italia.


Klub Italia terakhir yang mengangkat trofi Liga Champions adalah Inter Milan. Hal itu terjadi pada musim 2009/2010 saat Inter mengalahkan Bayern Munchen di babak final.


Di Liga Europa, ada dua tim Italia yang berhasil melaju ke babak semifinal. Dua tim tersebut adalah AS Roma dan Juventus.


Roma dan Juventus ditempatkan di blok yang berbeda sehingga berpeluang menciptakan All Italian Final. Roma bakal berjumpa Bayer Leverkusen, sedangkan Juventus bertemu Sevilla.


Tim Italia belum pernah memenangkan kompetisi saat sudah berubah nama jadi Liga Europa. Tim Italia terakhir yang memenangkan kompetisi ini adalah Parma saat masih bernama Piala UEFA yaitu pada 1998/1999.


Sedangkan di ajang Conference League, Fiorentina mampu melaju ke babak semifinal. Fiorentina akan menghadapi Basel dalam perebutan tiket menuju final.


Pada musim lalu, ajang Conference League dimenangkan oleh klub Italia yaitu AS Roma. Roma jadi juara setelah mengalahkan Feyenoord di babak final. (ptr/sry)