Notification

×

Iklan

Iklan

5 Tips Agar Tak Batal Puasa di Tengah Cuaca Ekstrem

Kamis, 20 April 2023 | 04:12 WIB Last Updated 2023-04-19T21:12:51Z

Ilustrasi. 

ARN24.NEWS
– Berpuasa di tengah cuaca panas yang cukup ekstrem terasa sangat menyiksa. Apalagi, akhir-akhir ini cuaca juga terasa semakin panas.


Di beberapa kesempatan, suhu bahkan bisa mencapai 32 hingga 34 derajat Celcius. Suhu panas ini tentu amat menyiksa, apalagi harus dirasakan saat melakukan ibadah puasa.


Cuaca dan suhu panas ini bisa membuat Anda lebih mudah mengalami dehidrasi. Bahkan, sakit kepala pun bisa terasa saat cuaca terlalu panas. Bagi yang sedang berpuasa, Anda mungkin sempat berpikir untuk berbuka karena tak kuat menahan hawa panas.


Tapi sebenarnya cuaca panas yang menyiksa ini tak boleh membatalkan puasa Anda. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, agar puasa tidak batal hanya karena cuaca panas.


Berikut beberapa tips agar tidak batal puasa di tengah cuaca ekstrem, melansir berbagai sumber.


1. Hindari paparan sinar matahari langsung

Sebaiknya Anda banyak melakukan aktivitas di dalam ruangan. Hindari terpapar sinar matahari langsung, terutama dalam kurun waktu yang cukup lama.


Melansir Arabia Weather, sebaiknya hindari keluar ruangan di siang hari agar tak terpapar sinar matahari langsung.


Anda juga disarankan menggunakan pakaian yang cocok di musim panas. Misalnya pakaian berbahan linen dan katun dengan warna terang agar tidak menyerap panas.


2. Jangan lewatkan sahur

Pilih makanan sahur yang kaya nutrisi, karbohidrat kompleks, dan sayuran. Misalnya roti gandum, susu hingga sayuran, dan air putih.


3. Minum banyak air putih

Minum lebih banyak air antara buka puasa dan sahur. Hal ini bisa membantu menurunkan suhu tubuh dan memfasilitasi proses pendinginan, melalui sekresi keringat.


4. Banyak mandi

Melansir Egypt Today, mandi bisa membantu Anda tetap segar dan tubuh tetap mendapatkan cara untuk mendinginkan diri. Sebaiknya mandi dua kali atau lebih dalam sehari.


5. Jika tidak kuat, jangan dipaksakan

Jika puasa semakin terasa menyiksa, Anda bahkan mulai sakit kepala hingga mual. Sebaiknya hentikan, berbukalah meskipun belum waktunya demi kesehatan Anda. (tst/put)