Notification

×

Iklan

Iklan

AKBP Achiruddin Hasibuan Disebut Miliki Gudang BBM Solar, Diduga Jadi Sumber Kekayaan

Kamis, 27 April 2023 | 02:03 WIB Last Updated 2023-04-26T19:11:13Z

Gudang solar yang disebut-sebut milik AKBP Achiruddin. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– AKBP Achiruddin Hasibuan personel Polda Sumut, ayah kandung dari Aditya Hasibuan tersangka kasus penganiayaan disebut-sebut memiliki gudang Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar yang diduga ilegal.


Hal itu terungkap ketika Polda Sumut melakukan pemeriksaan di kediaman AKBP Achiruddin Hasibuan di Jalan Karya Utama, Kota Medan dan mengundang perhatian warga sekitar. 


Beberapa warga di lokasi bercerita tentang AKBP Achiruddin yang memiliki gudang solar.


Seorang pria paruh baya yang merupakan warga sekitar mengatakan bahwa Achiruddin memiliki gudang solar.


"Itu gudang solar punya dia," katanya kepada wartawan, Rabu (26/4/2023).


Ia juga menyampaikan solar yang tersimpan di gudang itu berton-ton. Bahkan Ia dengan percaya agar menyuruh masuk ke dalam gudang itu untuk memastikan.


"Dalam aja masuk, oh berton-ton," jelasnya.


Hal yang sama juga dikatakan warga sekitar yang enggan menyebutkan identitasnya. Ia mengatakan bahwa gudang Solar tersebut sudah lama beroperasi.


"Udah lama gudang itu beroperasi. Ini gudang penimbunan BBM solar bersubsidi bang. Oknum polisi yang rumah besar pemiliknya. Banyak mafianya bang,” ujarnya. 


Warga juga mengakui bahwa sering melihat ada sejumlah truk tangki membawa BBM solar mendatangi gudang melakukan aktivitas bongkar muat.


Terpisah, Dirkrimum Polda Sumut, Kombes Pol Sumaryono, ketika dikonfirmasi mengenai keberadaan gudang BBM solar diduga ilegal mengaku akan berkoordinasi dengan Ditreskrimsus terkait temuan itu.


"Informasinya itu nanti akan dikoordinasikan ke Ditreskrimsus," katanya usai melakukan penggeledahan di rumah AKBP Achiruddin.


Sementara itu, dari pantauan di lokasi, gudang tersebut hanya berjarak sekitar tiga rumah. Tampak gudang itu ditutupi dengan seng.


Gudang BBM solar itu dalam kondisi tertutup dan pintu pagar tergembok, tak ada tanda orang di dalam. Sementara sejumlah tangki besar dan drum berkapasitas besar berada di dalam gudang.


Tampak juga alat pipa hisap buang untuk memindahkan BBM solar ke wadah drum atau tangki besar di dalam gudang. Bahkan aroma menyengat dari BBM solar masih menguap dari dalam gudang yang diindikasi baru melakukan bongkar muat.


Sebelumnya diberitakan, Polda Sumut tiba di rumah AKBP Achiruddin Hasibuan, di Jalan Karya, Kota Medan. 


Kedatangan polisi guna melakukan penggeledahan terhadap rumah AKBP Achiruddin yang merupakan TKP penganiayaan mahasiswa bernama Ken Admiral oleh anaknya Aditya Hasibuan


Sejumlah personel polisi dari Ditkrimum Polda Sumut telah tiba di lokasi. Dari depan gerbang rumah, polisi bersama kepala lingkungan setempat memanggil penghuni rumah agar dapat masuk dan melakukan penggeledahan. (rfn/ans)