Notification

×

Iklan

Iklan

Bernilai Sangat Signifikan, PPATK Blokir Rekening Bank AKBP Achiruddin Hasibuan

Kamis, 27 April 2023 | 20:03 WIB Last Updated 2023-04-27T13:03:02Z

AKBP Achiruddin Hasibuan yang bergaya hidup mewah dengan memiliki mobil Jeep Rubicon dan motor gede Harley Davidson. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Dugaan keterlibatan penganiayaan yang dilakukan anaknya dan juga penimbunan BBM ilegal, sang perwira menengah (Pamen) Polri AKBP Achiruddin Hasibuan kini dihadapkan pada pemblokiran rekening miliknya oleh PPATK. 


Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah memblokir rekening bank eks Kabag Bin Ops Ditnarkoba Polda Sumut itu sekaligus anaknya, Aditya Hasibuan. 


Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana mengatakan, bahwa penelusuran harta kekayaan Achiruddin dilakukan sejak sebelum kasus pemukulan yang dilakukan oleh sang anak yang sempat viral beberapa waktu lalu. 


"Iya (diblokir rekeningnya) kami sedang proses analisis sejak sebelum kasus pemukulan muncul ke publik," ujar Ivan saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (27/4/2023). 


Ivan menegaskan bahwa pemblokiran itu dilakukan karena ada dugaan aliran dana yang menyimpang.


"Kebetulan ada indikasi penyimpangan sumber dana," kata Ivan. 


PPATK pun masih belum dapat membeberkan dugaan aliran dana yang menyimpang dari harta kekayaan Achiruddin itu. Ivan hanya menyebut ada nilai yang signifikan. 


"Nilai sangat signifikan," ucap Ivan. 


Penelusuran wartawan, justru dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) milik Achiruddin Hasibuan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tidak tercatat kepemilikan 2 kendaraan mewah tersebut.


Dikutip Rabu, 26 April 2023, dari https://elhkpn.kpk.go.id, tercatat bahwa harta kekayaan Achiruddin Hasibuan sebesar Rp 467.548.644. Total itu merujuk laporan pada tahun 2021, saat Achiruddin masih menjabat sebagai Kanit 1 Subdit 1 Dires Narkona Polda Sumut.


Sebelumnya, AKBP Achiruddin dicopot dari jabatannya sebagai Kabag Binops Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut, buntut kasus penganiayaan yang dilakukan oleh putranya, Aditya Hasibuan, terhadap seorang mahasiswa bernama Ken Admiral.


AKBP Achiruddin dimutasi ke Yanma Polda Sumut, dalam rangka evaluasi dan pemeriksaan di Bidang Propam Polda Sumut atas kasus menjerat anaknya itu. Selain dicopot, ia juga ditahan tempat khusus di Bidang Propam Polda Sumut. (vvn)