Notification

×

Iklan

Iklan

Bolehkah Makan Sahur Pas Imsak, Ini Jawabannya

Sabtu, 15 April 2023 | 04:32 WIB Last Updated 2023-04-14T21:32:17Z

Ilustrasi. 

ARN24.NEWS
– Pada saat puasa Ramadan, banyak yang bertanya mengenai sahur pas imsak, apa boleh? Makan sahur merupakan salah satu hal yang penting dalam menjalankan puasa. Namun, kapan waktu yang tepat untuk mengakhiri makan sahur?


Dalam konteks sahur, imsak berarti menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa sebelum masuk waktu subuh. Imsak biasanya ditetapkan sepuluh menit sebelum azan subuh berkumandang sebagai bentuk kehati-hatian agar tidak terlambat berhenti makan dan minum sahur.


Sebagian umat Muslim memahami bahwa datangnya waktu imsak adalah awal dimulainya ibadah puasa. Pada saat itu, segala kegiatan makan, minum, dan lainnya yang membatalkan puasa harus disudahi.


Padahal, anggapan itu tak sepenuhnya benar. Imsak bukanlah batas waktu sahur yang ditentukan oleh aturan Islam.


Melansir laman NU Online, batas waktu sahur adalah saat memasuki waktu subuh, yaitu saat fajar terbit di ufuk timur.


Pertanyaannya, sahur pas dengan imsak, apa boleh? Berdasarkan pengertian di atas, artinya Anda boleh saja melakukan sahur saat imsak.


Hal ini berdasarkan firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 187.


وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ


Artinya:

"Makan dan minumlah hingga jelas bagimu [perbedaan] antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian, sempurnakanlah puasa sampai [datang] malam."


Ayat ini menjelaskan bahwa Allah SWT membolehkan umat Muslim yang berpuasa untuk makan dan minum sahur hingga masuk waktu fajar shadiq.


Fajar shadiq adalah cahaya putih yang memanjang di ufuk timur. Cahaya ini menandakan masuknya waktu subuh.


Dari ayat tersebut, dapat dipahami bahwa batas akhir makan dan minum sahur adalah fajar atau terbitnya matahari. Oleh karena itu, seseorang diperbolehkan masih mengunyah atau meminum sesuatu saat imsak selama azan Subuh belum berkumandang.


Itulah jawaban dari pertanyaan apa boleh makan sahur pas imsak. Semoga membantu. (del/asr)