Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Jawaban Mahfud MD Ditawari Cawapres Dampingi Anies oleh Petinggi PKS

Rabu, 19 April 2023 | 05:10 WIB Last Updated 2023-04-18T22:10:00Z

Menko Polhukam Mahfud MD. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

ARN24.NEWS
– Menko Polhukam Mahfud MD mengakui telah bertemu Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan jajarannya pada 15 April lalu. Dia pun mengamini ada pembicaraan soal Pilpres 2024.


Mahfud mengatakan pertemuan dengan petinggi PKS turut membahas kans dirinya diusung sebagai calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan.


"Saya tak menjawab ya atau tidak, sebab fokus saya adalah mengawal pemilu agar berlangsung sesuai kalender," kata Mahfud dalam keterangannya, Selasa (18/4/2023).


Mahfud mengatakan Presiden PKS Ahmad Syaikhu datang didampingi Al Muzammil Yusuf. Mahfud mengaku kenal dekat dengannya. Selain itu, beberapa petinggi PKS juga turut serta dalam pertemuan.


"Benar, saya mendapat kunjungan Presiden PKS Pak Syaikhu pada 15 April pekan lalu. Beliau didampingi oleh sahabat saya sejak di DPR tahun 2004-2008 Pak Al Muzammil Yusuf," katanya.


Dalam pertemuan itu, Mahfud berharap parpol dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang mengusung Anies Baswedan. Menurutnya, soliditas penting dijaga agar tiket pencapresan Anies tidak hilang.


"Jangan sampai mengajak cawapres dari luar parpol tapi koalisinya malah pecah," saran Mahfud.


Tak hanya itu, Mahfud juga membicarakan kalender politik di tahun 2024. Ia memastikan jadwal pemungutan Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 terlaksana dan pemerintah akan mengawalnya.


"Kami berdiskusi tentang masa depan Indonesia. Saya dihadiahi buku yang dibuat oleh PKS berjudul Merawat Indonesia. Terkait pasangan capres/cawapres rasanya itu hanya pembicaraan sekilas," kata dia.


Sebelumnya Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengaku telah bertemu dengan Mahfud. Syaikhu pun mengatakan menawarkan Mahfud sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan.


"Kita silaturahim ke Pak Mahfud, tokoh-tokoh yang lain juga akan kita datangi silaturahim, kita minta tanggapannya, kita minta sharing-nya, bahkan kita tanya juga minatnya untuk mencawapreskan," kata Syaikhu di Jakarta, Selasa (18/4/2023).


PKS bersama NasDem dan Demokrat telah membentuk Koalisi Perubahan untuk Persatuan dan sepakat mengusung Anies Baswedan sebagai bakal capres. Meski demikian, koalisi ini belum memutuskan siapa calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies. (rzr/bmw)