Notification

×

Iklan

Iklan

KPK Kumpulkan Data dan Klarifikasi Harta AKBP Achiruddin Hasibuan

Jumat, 28 April 2023 | 23:23 WIB Last Updated 2023-04-28T16:23:59Z

Harta milik AKBP Achiruddin Hasibuan mulai dimonitor KPK dengan mengumpulkan data dari Perbankan dan Badan Pertahanan Nasional. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Deputi Bidang Penindakan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan menyatakan, pihaknya mulai mengumpulkan data dari Perbankan dan Badan Pertahanan Nasional (BPN) terkait eks Kabag Bin Ops Ditresnarkoba Polda Sumatera Utara (Sumut) AKBP Achiruddin Hasibuan.


Pahala Nainggolan membenarkan lembaga antirasuah sudah membentuk tim dan membuat surat tugas untuk mengklarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) milik perwira menengah yang kini tengah diisolasi di penempatan khusus (Patsus) di Markas Polda Sumut.


"Benar (KPK sudah membentuk tim dan membuat surat tugas untuk klarifikasi) dan sudah mulai pengumpulan data perbankan, BPN, dan sebagainya," kata Pahala di Jakarta, Jumat (28/4/2023).


Dikatakan Pahala, selain itu KPK juga tengah mengumpulkan data lainnya mengenai detail materi yang akan diklarifikasi kepada yang bersangkutan. Namun, kapan pemanggilan AKBP Achiruddin Hasibuan untuk keperluan klarifikasi itu belum dijadwalkan.


Untuk diketahui sebelumnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengkonfirmasi pemblokiran dua rekening milik AKBP Achirudin Hasibuan dengan nilai yang mencapai puluhan miliar rupiah.


"Benar (diblokir), dari dua rekening yang diblokir, nilainya puluhan miliar," kata Koordinator Kelompok Kehumasan PPATK Natsir Kongah dikonfirmasi di Jakarta, pada Kamis (27/4/2023).


"Dua rekening yang diblokir itu adalah milik AKBP Achiruddin Hasibuan dan anaknya Aditya Hasibuan," sebutnya. 


Dari data LHKPN diketahui total harta kekayaan AKBP Achiruddin Hasibuan tercatat berjumlah Rp467.548.644. Total harta kekayaan itu terdiri atas beberapa jenis harta. Diantaranya memiliki tanah seluas 566 meter persegi di Kabupaten/Kota Medan dari hasil sendiri senilai Rp46.330.000.


Kemudian tercatat, AKBP Achiruddin Hasibuan memiliki mobil Toyota Fortuner Minibus tahun 2006 hasil sendiri senilai Rp370.000.000, dan juga memiliki kas dan setara kas sebesar Rp51.218.644. (sh)