Notification

×

Iklan

Iklan

Waktu Sahur yang Tepat Berdasarkan Kebiasaan Rasulullah

Minggu, 16 April 2023 | 04:15 WIB Last Updated 2023-04-15T21:15:05Z

Ilustrasi. 

ARN24.NEWS
– Makan sahur sangat disunahkan bagi orang yang berpuasa. Sebuah hadis bahkan mengatakan terdapat keberkahan dalam sahur. 


Lantas, kapan sebenarnya waktu sahur yang tepat?


Agar memperoleh keberkahan puasa secara maksimal, sahur pun harus dikerjakan pada waktu terbaik. Melansir NU Online, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk sahur adalah di sepertiga terakhir malam menjelang waktu subuh.


Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Anas bin Malik RA yang berbunyi,


بَكِّرُوْا بِالإفْطَارِ، وَأَخِّرُوْا السَّحُوْرَ


Artinya:


"Segerakanlah berbuka dan akhirkanlah sahur."


Berdasarkan hadis tersebut, maka makan sahur yang dipepetkan waktunya dengan saat azan subuh itu semakin baik. Pasalnya, batas akhir waktu sahur adalah saat masuk waktu salat tersebut.


Menurut Abu Bakar Al-Kalabazi dalam kitabnya Bahrul Fawaid, disebutkan bahwa Nabi pernah ditanya, "Malam apa yang paling didengar doanya?". Nabi pun kemudian menjawab dengan tegas, "Sepertiga terakhir malam".


Dalam hadis lain, Nabi Muhammad pun diriwayatkan mengatakan hal yang sama. Yakni mengerjakan sahur di sepertiga terakhir malam. Sebab pada waktu tersebut, doa, ampunan dan hajat dikabulkan Allah SWT.


Namun, berdasarkan keterangan ini, mengakhiri sahur tak semata-mata menyelesaikan makan dan minum. Tapi juga diiringi dengan ibadah lainnya seperti salat, zikir, dan berdoa.


Nabi Muhammad SAW sendiri diriwayatkan terbiasa bangun tengah malam dan menjalankan salat malam. Sangat dimungkinkan jika Rasulullah beribadah terlebih dahulu, baru kemudian makan sahur menjelang waktu Subuh.


Kisah ini juga pernah diriwayatkan dalam HR Ibnu Majah, berdasarkan kesaksian Zaid bin Tsabit yang pernah sahur bersama Rasulullah.


Ketika ditanya, berapa lama jarak antara selesai makan dan salat, Zaid menjawab, "Kisaran membaca lima puluh ayat." (del/asr)