Notification

×

Iklan

Iklan

SMPN 3 Binjai Gelar Pawai Khataman Alquran ke Masjid Agung

Minggu, 16 April 2023 | 12:50 WIB Last Updated 2023-04-16T05:50:25Z

SMPN 3 Binjai menggelar pawai Khatam Alquran ke Masjid Agung. Kegiatan pawai itu mengambil start mulai dari sekolah yang berada di Jalan Soekarno Hatta Nomor 17, Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, muter ke Terminal Ikan Paus - Binjai Mall, Sabtu (15/4/2023). (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– SMPN 3 Binjai menggelar pawai Khatam Alquran ke Masjid Agung. Kegiatan pawai itu mengambil start mulai dari sekolah yang berada di Jalan Soekarno Hatta Nomor 17, Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, muter ke Terminal Ikan Paus - Binjai Mall, Sabtu (15/4/2023).


Selanjutnya, ratusan para anak didik SMPN 3 Binjai dengan membawa spanduk "Kami khataman Alquran" yang dimulai 27 Maret hingga 14 April 2023, langsung menuju Masjid Agung Kota Binjai. Seluruh siswa-siswi dan guru pun tampak antusias mengikuti kegiatan itu.


Kepala SMPN 3 Binjai, Eka Mutia Khairuma mengatakan kegiatan khataman Alquran bagi siswa-siswinya, sebagai syiar agama Islam selain untuk mendidik anak cakap dan bisa baca Quran.


"Semoga para anak didik SMPN 3 Binjai dapat menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup. Agar dapat membentengi diri dari pengaruh yang tidak baik, apalagi sekarang arus globalisasi sangat berpengaruh besar dalam kehidupan. Baca dan pahamilah Alquran. Insya Allah akan membawa kebaikan dalam kehidupan," katanya.


Selain itu, kata Eka Mutia, kegiatan ini juga sejalan dengan program Wali Kota Binjai H. Amir Hamzah yang telah membuat program agar anak didik di tingkat lanjutan wajib bisa baca Alquran.


"Dimana dalam program tersebut, dijelaskan bahwa Kota Binjai akan menjadi kota yang berbasis pendidikan dengan tetap memegang teguh nilai-nilai religius," ungkapnya.


Eka Mutia menambahkan, khatam bukan berarti berakhirnya membaca Alquran, namun itu merupakan pertanda sudah bisa membaca Alquran. Dengan demikian dia mengajak semua siswa untuk selalu menjadikan Alquran bacaan rutin setiap harinya.

 

"Kita juga mengajak wali murid untuk selalu memberikan motivasi kepada anak-anak agar terus dapat membaca dan mempelajari Alquran. Mari kita motivasi anak-anak untuk terus membaca Alquran. Dengan Alquran hati kita akan menjadi tenang serta rumah yang bercahaya itu adalah rumah yang penghuninya selalu membaca Alquran," sebutnya.


Sementara itu, Kadis Pendidikan (Kadisdik) Kota Binjai, Drs. Edi Mulia Matondang mengaku bangga dengan anak-anak SMPN 3 Binjai. Sebab. Program “Aku bisa baca Alquran” ini adalah program sangat baik di bulan Ramadhan.


"Saya mengucapkan dan terima kasih kepada panitia yang menyelenggarakan kegiatan ini, dan kepada Kepala SMPN 3 Binjai, ibu Eka Meutia," katanya.


Edi juga mengatakan masih banyak pelajar kita yang belum bisa baca Alquran. Dan diharapkan juga kepada pihak sekolah membuat hasil akhir persentase kegiatan siswa.


"Berapa orang yang sudah mahir baca Alquran, berapa yang bisa baca dan yang belum bisa baca. Ini perlu untuk pembinaan lebih lanjut," ujar Edi.


Kadisdik Edi juga mengatakan, Program wajib baca Alquran bagi pelajar sekolah dasar (SD) sedang dipersiapkan oleh Pemko Binjai. 


"Sudah ada Perwal-nya, tinggal pelaksanaan, nantinya semua pelajar SD kelas VI yang akan masuk ke sekolah lanjutan harus bisa baca Alquran, ada tes baca Alquran," kata Edi Mulia.


Sementara itu, acara khataman Alquran pelajar SMPN 3 Binjai diikuti oleh 10 orang laki-laki dan 12 orang murid perempuan pada juz 30 mulai surat Ad-dhuha sampai surat An’nas.


Tampak juga hadir di acara khataman Alquran pelajar SMPN 3 Binjai, mewakili Wali Kota Binjai, Kabag Kesra Pemko Binjai, Ahmad Yusri dan Ustadz serta puluhan guru dan staf sekolah. (rfn)