Notification

×

Iklan

Iklan

Bus Sekolah Bawa 14 Murid SD Masuk Jurang di Samosir

Selasa, 16 Mei 2023 | 18:33 WIB Last Updated 2023-05-16T11:33:57Z

ARN24.NEWS --
Jerit histeris para murid sekolah dasar (SD) di dalam bus sekolah yang membawa mereka. Seketika bus sarat penumpang bocah-bocah ingusan tersebut meluncur ke jurang. Dalamnya sekira 10 meter. Tak ada korban jiwa, namun seluruh pelajar mengalami luka ringan dan trauma. 

Peristiwa ini terjadi di Desa Garoga, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Selasa (16/5/2023) sekira pukul 13.40 WIB. Keterangan diperoleh, bus sekolah bernopol BK 7915 NL itu membawa rombongan murid SD Swasta Assisi Tomok. 

Awalnya, menurut informasi, pengemudi bus Edi Situmeang berjalan pelan. Hanya saja diduga pas di lokasi kejadian, bus yang datang dari arah Ambarita menuju Tomok, sedikit mengalami masalah. Sehingga sang sopir Edi Situmeang tak mampu mengendali jalannya kendaraan. 

Disinyalir juga bahwa Edi tak menguasai jalan. Sehingga pas di jalan menikung, nyatanya bus jalan terus. Tak pelak, bus langsung meluncur ke jurang sedalam 10 meter. 

Seluruh penumpang bus yang semuanya murid SD Swasta Assisi Tomok mengalami luka ringan dan trama. Sedangkan dua lainnya menderita luka berat dilarikan ke Puskesmas Tuktuk dan Puskesmas Ambarita. 

Bahkan, kabarnya lagi ada juga yang langsung dibawa ke RSUD Hadrianus Pangururan, untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

Seorang saksi mata, Ronal menyebut bus tidak sedang dalam kondisi kencang. Pasalnya, lanjut Ronal, dia tepat di depan bus tersebut sebelum kejadian.

“Saya tidak melihat ada kendaraan di depan yang harus dihindarinya (sopir, red), karena waktu tikungan ke kanan tetapi bus tersebut tetap lurus ke arah jurang, dan ada juga bekas ban di aspal saya lihat ketika bus sudah masuk ke jurang,” ungkap Ronal.

Atas adanya kejadian nahas tersebut, warga dan pihak kepolisian berjibaku menyelamatkan para penumpang bus sekolah tersebut. Bus terjun ke jurang di kawasan Samosir juga belum lama ini terjadi. 

Bus dengan nomor polisi BB 7009 LC yang membawa 15 penumpang masuk jurang di Jalan Raya Desa Sinagauruk Pandiangan, Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir, pada Selasa 11 April lalu. Akibat 2 orang dikabarkan meninggal dunia, sementara 9 lainnya terluka. 

Mereview kejadian kecelakaan di Samosir dengan membawa penumpang pelajar, pernah menerpa. Itu pada Senin, 31 Juli 2017 lalu. Truk Mitsubishi Fuso BB7117 CA  yang mengangkut puluhan anak sekolah di Desa Parmonangan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir terjun ke jurang. 

Bus yang dikemudikan oleh Billinton Situmorang (40)  masuk jurang sedalam 25 meter dan mengakibatkan 4 orang meninggal termasuk di antaranya adalah sopir bus. Sementara  puluhan anak-anak lainnya mengalami luka-luka.

Korban tewas di tempat kejadian adalah Cindi M Sinaga (13) warga Dolok Raja, Desa Tanjungan, Elpika Situmorang (13) dan Ester Situmorang (15) warga Tampahan Desa Tanjungan, dan Bilinton Situmorang (40) sopir, Desa Parmonangan, Simanindo

Diduga truk Fuso pembawa pelajar itu melaju kencang dan hilang kendali. Akibatnya mobil bus tersebut masuk ke jurang sedalam lebih kurang 30 meter dari permukaan jalan aspal tepatnya di ladang kopi perkebebunan masyarakat. (wsp/nt)