Notification

×

Iklan

Iklan

LBH Medan Minta KPK Telusuri Harta Kekayaan Oknum SEVP PTPN III Tengku Rinel

Selasa, 16 Mei 2023 | 18:07 WIB Last Updated 2023-05-16T15:35:23Z

Dokumentasi Tengku Rinel saat memamerkan moge Harley Davidson di akun sosial media Facebook miliknya. (Foto: facebooktengkurinel)

ARN24.NEWS
– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta bergerak cepat menelusuri harta kekayaan Senior Executive Vice President ( SEVP) Business dan Support PTPN III, Tengku Rinel yang diduga sering pamer harta kekayaannya di media sosial (medsos).


Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, Irvan Saputra SH MH terkait hal ini mengatakan, pendalaman yang dilakukan KPK itu sangat penting untuk mengetahui apakah harta kekayaan yang dilaporkannya dalam LHKPN- Tahun 2021 itu sudah sesuai atau adanya manipulasi.


"Kita berharap melalui pendalaman yang dilakukan KPK itu bisa diketahui apakah hartanya (Tengku Rinel) tersebut diperolehnya dari gaji atau tunjangannya," ujar Irvan Saputra, Selasa (16/5/2023).


Menurut Irvan, LBH patut mencurigai sebagian pejabat negara melaporkan harta kekayaan ke LHKPN- KPK tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.


Makanya, KPK dimintanya bergerak cepat menelusuri harta kekayaan pejabat PTPN III ini yang gemar menunggangi motor gede (moge) Harley Davidson dan pernah menerima hadiah berupa mobil Pajero seharga Rp 435 juta tersebut.


Menurut Irvan, jika berdasarkan pendalaman KPK ditemukan adanya gratifikasi dari Tengku Rinel tersebut, maka harus berlanjut ke proses hukum.


Terpisah Ramli SH, seorang praktisi hukum lainnya meminta pejabat negara yang punya harta di luar gajinya, harus secepatnya bertaubat dan kembali ke jalan yang benar sebelum proses hukum berjalan.


"Coba kita lihat saat ini ada beberapa oknum pejabat tersandung hukum lantaran memiliki harta kekayaan yang tidak bisa dipertanggung jawabkannya," ujar pengacara senior ini.


Dia berharap pejabat PTPN III yang punya kekayaan yang berlimpah, di luar gaji atau pendapatannya segeralah bertaubat sebelum diusut aparat penegak hukum.


Sebelumnya, Tengku Rinel selaku SEVP Business dan Support PTPN III jadi perguncingan di medsos lantaran aksinya yang hedon dengan pamer menunggangi moge.


Selain pamer moge, Tengku Rinel memposting di akun medsos pribadinya tentang kunjungan bersama keluarganya di luar negeri. Pamer kekayaan Tengku Rinel itu langsung jadi pergunjingan di kalangan PTPN III.


Mengutip LHKPN- KPK ternyata Tengku Rinel memiliki harta kekayaan Rp 7.974.604.789 berdasarkan laporan tahun 2021.


Rinciannya, tanah dan bangunan seluas 126 M2/16 M2 di Medan senilai Rp 952.560.000, tanah seluas 226 M2 di Medan Rp 522.720.000 serta tanah dan bangunan seluas 525 M2/400 M2 di Medan senilai Rp 2.569.644.009


Sedangkan alat transportasi, Tengku Rinel memiliki mobil Dodge Journey tahun 2012 seharga Rp 215 juta, Jeep Wrangler Tahun 2011 seharga Rp 685 juta, Motor Harley Davidson tahun 2013 seharga Rp 535 juta, Mobil Mitsubishi Pajero tahun 2017 seharga Rp 435 juta (hadiah) serta mobil Peugeot Djanggola tahun 2015 seharga Rp 20 juta.


Namun berdasarkan data LHKPN- KPK, Tengku Rinel belum melaporkan harta kekayaannya pada 2022 dan 2023.


Tengku Rinel saat dikonfirmasi melalui ponselnya merasa heran ada pihak yang usil membahas harta kekayaannya.


"Harta itu saya cari sendiri, bukan uang perusahaan, kok kalian usil," jawab Tengku Rinel dari telepon selulernya. 


Tengku Rinel yang juga menjabat Ketua Perhimpunan Motor Gede (HDCI) Medan dan juga Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Medan ini mengaku menunggangi moge adalah hobi yang tidak bisa ditinggalkan. 


"Itu hobi yang gak bisa saya tinggalkan," ujar mantan pengurus Serikat Pekerja Perkebunan (SP-BUN) PTPN III tersebut.


Merasa terus jadi sorotan, Tengku Rinel akan menjual moge tersebut.


"Kalau ada yang mau membeli moge ini, saya akan lepas," dalihnya.


Disinggung terkait adanya hadiah mobil Pajero seharga Rp 435 juta yang tertera di LHKPN miliknya, Tengku Rinel membenarkan hal tersebut.


"Mobil pajero dimaksud merupakan hadiah ulang tahun dari orang tua saya kepada cucu nya, dan mobil dimaksud sudah dilaporkan sejak tahun 2017," katanya.


Menurut dia, harta kekayaannya diperolehnya berdasarkan jerih payahnya plus warisan dari orangtua yang banyak meninggalkan harta.


"Tidak ada sedikitpun diambil dari uang PTPN III," tutupnya. 


Diberitakan sebelumnya, pejabat pamer harta kekayaan satu persatu kembali menjadi sorotan karena bergaya hedon di sosmed.


Kali ini mengarah kepada Tengku Rinel selaku SEVP Business dan Support PTPN III yang kini menjadi pembicaraan publik lantaran aksi pamernya menggunakan moge di sosmed.


Apalagi mengutip LHKPN-KPK, Kamis (11/5/2023) lalu, ternyata Tengku Rinel memiliki harta kekayaan Rp 7.974.604.789 berdasarkan laporan tahun 2021. (sh)