Notification

×

Iklan

Iklan

Longsor di Aceh Telan Minibus, Ini Penampakannya.....

Kamis, 11 Mei 2023 | 12:47 WIB Last Updated 2023-05-11T05:47:39Z

ARN24.NEWS --
Akses transportasi antara Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Pidie putus total. Kondisi tersebut setelah ruas jalan provinsi di kawasan Simpang Beiben, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat dilanda tanah longsor. 

Camat Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, Zulkifli mengatakan, longsor badan jalan di kawasan pegunungan tersebut menyebabkan badan jalan mengalami penurunan hingga satu meter. Kondisi tersebut menyebabkan kendaraan roda empat, termasuk angkutan umum tidak bisa melintasi. 

“Longsor badan jalan ini terjadi akibat tingginya curah hujan yang terjadi sejak beberapa hari ini belakangan ini,” ujar Zulkifli di Meulaboh, kemarin. 

Dia mengungkapkan, akibat bencana alam tersebut angkutan umum yang mencoba melintasi ruas jalan juga ikut terperosok, sehingga terpaksa ditarik oleh warga dan dibantu oleh polisi.

Selain di Simpang Beiben, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, longsor juga menyebabkan ruas jalan provinsi di kawasan Lancong, kecamatan setempat mengalami retak-retak. 

Keretakan badan jalan tersebut, kata dia mengancam putusnya akses transportasi ribuan masyarakat di daerah tersebut. “Kondisi retaknya sangat parah, kami khawatir jika terus dilanda hujan lebat maka retaknya badan jalan semakin parah,” katanya. 

Selain itu, lanjut dia banjir juga menyebabkan ruas jalan sepanjang 30 meter di kawasan Tungkop, Kecamatan Sungai Mas, juga amblas ke dalam jurang sehingga menyebabkan badan jalan tersisa sekitar 1,5 meter. (ins/nt)