Notification

×

Iklan

Iklan

Tuntas, 27 Adegan Warnai Jalannya Rekonstruksi Kasus Anak AKBP Achiruddin

Selasa, 09 Mei 2023 | 01:00 WIB Last Updated 2023-05-08T18:00:03Z

Salah satu adegan penganiayaan yang dilakukan AH anak dari AKBP Achiruddin Hasibuan kepada Ken Admiral yang diperagakan seorang penyidik. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Penyidik Ditreskrimum Polda Sumut telah selesai menggelar rekonstruksi kasus penganiayaan yang dilakukan anak dari AKBP Achiruddin berinisial AH terhadap mahasiswa Ken Admiral, Senin (8/5/2023) petang.


“Penyidik Ditreskrimum Polda Sumut bersama Kejaksaan serta LPSK telah selesai menggelar rekonstruksi kasus penganiyaan terhadap Ken Admiral,” kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi.


Ia mengungkapkan, rekonstruksi merupakan bagian dari rangkaian penyidikan dan diharapkan dengan adanya rekonstruksi suatu perkara dapat menjadi lebih jelas.


“Tujuan rekonstruksi untuk meyakinkan penyidik terkait kesesuaian keterangan yang dituangkan dalam BAP dari tersangka maupun saksi dengan cara memberikan gambaran tentang terjadinya tindak pidana dengan memperagakan kembali cara tersangka melakukannya,” ungkapnya.


Pada kesempatan itu, Direktur Ditreskrimum Polda Sumut, Kombes Pol Sumaryono, menerangkan sejumlah 27 adegan mewarnai jalannya rekonstruksi kasus penganiayaan terhadap Ken Admiral.


“Pada rekonstruksi itu dihadirkan 13 saksi serta dua tersangka yakni AH dan orangtuanya AKBP AH,” terangnya.


Sumaryono menerangkan, rekonstruksi yang digelar untuk menggali fakta kebenaran dan penyesuaian dari keterangan saksi-saksi serta barang bukti yang disampaikan.


“Alhamdulillah, walaupun ada ketidaksesuaian keterangan diantara saksi dan korban terhadap tersangka yang disangkakan tidak merubah alur fakta kesesuaian dengan pasal-pasal yang disangkakan,” terangnya.


Sumaryono menambahkan, pelaksanaan rekonstruksi berjalan secara transparan dengan melibatkan JPU, serta LPSK yang akan berjuang di sidang pengadilan. Walaupun adanya ketidaksesuaian itu hal kecil.


“Penyidik nantinya akan membuat BAP konfrontasi. Dari semua hasil rekonstruksi yang telah digelar sudah bisa ditarik benang merah dari seluruh rangkaian peristiwa penganiayaan terhadap Ken Admiral maupun tersangka AH dan AKBP AH,” pungkasnya. (sh)