Notification

×

Iklan

Almumtaz Tolak Patung Soekarno di Bandung

Rabu, 16 Agustus 2023 | 11:40 WIB Last Updated 2023-08-16T04:40:48Z

ARN24.NEWS --
Penolakan rencana pembangunan patung Proklamator Kemerdekaan RI, Bung Karno di area GOR Saparua Kota Bandung makin mendapat penolakan. Kali ini penolakan datang dari Aliansi Aktivis dan Masyarakat Muslim Tasikmalaya (Almumtaz). 

Menurut rencana pendirian patung Bung Karno dengan tinggi sekitar 22,3 meter di Taman Saparua, Kota Bandung, yang digagas oleh Yayasan Putera Nasional Indonesia (PNI) bekerjasama dengan Gubernur Jawa barat HM Ridwan Kamil dengan biaya 14,5 M, akan menjadi patung Bung Karno tertinggi di Indonesia.

Dalam pernyataanya. Almumtaz bernomor : 001 / C2/AM-P/II/1445 mengatakan perwakilan tokoh masyarakat, tokoh ulama dan ormas Islam Jawa barat selama ini telah melakukan upaya tabayun dan menolak pendirian patung tersebut kepada DPRD dan Pemerintah provinsi Jawa Barat namun sampai saat ini tidak ada jawaban yang jelas.

Karenanya, Almumtaz mengeluarkan pernyataan sikap resminya. Sebelum ini, penolakan juga datang dari PW Persatuan Islam Provinsi Jawa Barat (Jabar).

“Kami sangat menghormati Ir Soekarno sebagai proklamator dan Presiden RI pertama, beserta pahlawan-pahlawan lainnya yang telah banyak berjasa memerdekakan Indonesia. Penghormatan yang seharusnya dilakukan, bukan dengan cara membangun patung-patung beliau, akan tetapi dengan cara lain yang lebih baik dan bermanfaat,” demikian pernyataan resmi PW Persis Jabar yang ditandatangani Jabar KH Iman Setiawan Latief, SH (Ketua PW Persis Jabar) dan H. Yudha Al Farisi, SH., M.Pd (Sekretaris PW Persis Jabar), kemarin.

Ketua Yayasan Putra Nasional Indonesia Pamriadi mengatakan patung Presiden pertama Republik Indonesia ini akan menjadi patung Bung Karno yang tertinggi di Indonesia, bahkan di dunia.

“Insyaallah tahun ini Monumen Plaza Bung Karno di Bandung ini akan menjadi monumen tertinggi di Indonesia, mungkin tertinggi di dunia. Ini akan menjadi ikon baru di Jawa Barat,” kata Pamriadi.

Pamriadi mengatakan pembangunan patung setinggi 22,3 meter iniakan memakan anggaran Rp14,5 miliar. Pemberi ide pembangunan ini datang dari akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB).(hdy/nt)