Notification

×

Iklan

Bayar Lunas dan Seketika Tagihan Kreditur, PKPU PT Swarna Nusa Sentosa Akan Dicabut

Senin, 13 November 2023 | 21:41 WIB Last Updated 2023-11-13T14:57:43Z

PT Swarna Nusa Sentosa melalui kuasa hukumnya membayarkan lunas dan seketika tagihan kreditur dihadapan Hakim Pengawas. (Foto: Istimewa)


ARN24.NEWS – Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat (Jakpus) kembali menggelar Rapat Kreditur PT Swarna Nusa Sentosa (SNS), Senin (13/11/2023).

Dalam Rapat Kreditur yang dipimpin oleh Dewa Ketut Kartana SH MH selaku Hakim Pengawas dihadiri oleh kuasa hukum Kreditur dan Pengurus PT SNS (Dalam PKPU) serta kuasa hukum Debitur.

Hal itu dikatakan kuasa hukum PT Swarna Nusa Sentosa (Debitur) Hadi Yanto SH MH, CLA kepada wartawan, Senin (13/11/2023) malam.

Dikatakan Hadi, dalam rapat kali ini, Kuasa Kreditur berubah sikap dan menerima keseluruhan tagihan pekerja, yang mana sebelumnya pihak Kuasa Kreditur tiga kali menolak pembayaran yang dilakukan oleh Debitur secara lunas dan seketika.

"Dengan diterimanya pembayaran secara lunas dan seketika, maka PKPU terhadap PT Swarna Nusa Sentosa akan dicabut oleh Pengadilan Niaga pada PN Jakarta Pusat yang direncanakan akan dibacakan oleh Majelis Hakim yang memeriksa dan memutus perkara Aquo pada esok hari," katanya.

"Bahwa dalam Rapat Kreditur tersebut, kami langsung menyerahkan secara tunai seluruh tagihan di depan Hakim Pengawas maupun di depan Pengurus PT. Swarna Nusa Sentosa serta telah dibuat tanda terima," sambungnya.

Dijelaskan Hadi, Hakim Pengawas menyatakan dengan diterimanya pembayaran tersebut secara lunas, maka PKPU ini akan segera dicabut dan bukan pengesahan Homologasi dikarenakan tidak ada penawaran perdamaian yang harus disahkan. 

"Oleh karena itu, kita mengharapkan agar Majelis Hakim juga dapat memutuskan dan dituangkan dalam amar putusan terhadap Imbalan Jasa Pengurus sebesar 7,5 % yang dimana telah diutarakan pada persidangan sebelumnya," pungkasnya.

Terpisah, Direktur PT Swarna Nusa Sentosa Juli sangat mengapresiasi atas putusan dicabutnya PKPU terhadap perusahaannya. 

"Kita sangat mengapresiasi dicabutnya PKPU terhadap PT Swarna Nusa Sentosa, karena hal tersebut telah membuktikan bahwa perusahaan yang saya pimpin adalah perusahaan sehat," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Majelis Hakim yang diketuai Dra Susanti Arsi Wibawani pada perkara Aquo, didepan persidangan menyatakan apabila para kreditur tidak mau menerima pembayaran dari Debitur.

"Maka memerintahkan kepada kuasa hukum debitur untuk menyiapkan Permohonan Konsinyasi baik untuk keseluruhan tagihan kreditur dan juga imbal jasa pengurus agar dititipkan di Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat," kata hakim.

Selain itu, Majelis Hakim juga memerintahkan kepada pengurus agar memanggil para Kreditur untuk langsung hadir di depan persidangan.

Dikarenakan Majelis Hakim akan mempertanyakan langsung kepada alasan kreditur kenapa menolak pembayaran yang dilakukan oleh debitur secara lunas. Sementara dalam PKPU adalah restruktur utang dan ini debitur akan membayar lunas seketika. (rfn)