Notification

×

Iklan

Ramai-ramai Negara Dunia Mulai Tinggalkan Israel Demi Gaza

Sabtu, 04 November 2023 | 12:14 WIB Last Updated 2023-11-04T05:14:11Z

Ilustrasi protes terhadap Israel. Mulai banyak negara di dunia mengecam keras bahkan hingga memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel imbas agresi ke Gaza, Palestina. (REUTERS/KEVIN LAMARQUE)

ARN24.NEWS
– Banyak negara di dunia mengecam keras bahkan hingga memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel imbas agresi ke Gaza, Palestina.


Israel melakukan agresi ke Gaza setelah Hamas yang menguasai wilayah itu melakukan serangan pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.400 orang Israel dan menyandera 240 orang.


Namun agresi Israel ke Gaza menimbulkan lebih banyak korban jiwa. Ada lebih dari 9.000 orang Palestina di Gaza tewas, menambah panjang daftar korban di wilayah yang dikepung Israel berdekade itu.


Israel juga memblokade suplai bahan bakar ke Gaza, yang membuat masyarakat dan rumah sakit di Jalur Gaza tak memiliki listrik.


Selain itu, Israel juga melakukan serangan ke kamp pengungsian dan ambulans yang sedang melakukan konvoi medis. Hal ini dianggap sebagai pelanggaran hukum kemanusiaan.


Berikut sejumlah negara di dunia yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel ataupun memulangkan diplomat mereka ke Tel Aviv.


Bolivia

Bolivia memutuskan untuk memutus hubungan diplomatik dengan Israel pada 1 November 2023. Menteri Kepresidenan Bolivia, Maria Nela Prada, merasa Israel telah melakukan kejahatan perang.


"Kami menuntut diakhiri serangan di Jalur Gaza yang sejauh ini telah merenggut ribuan nyawa warga sipil dan menyebabkan pengungsian paksa warga Palestina." kata Prada.


Kolombia

Presiden Kolombia, Gustavo Petro berkicau di X dan mengutuk serangan Israel ke Gaza. Ia menilai bahwa agresi tersebut adalah aksi pembunuhan massal terhadap penduduk Palestina.


Bukan hanya itu, ia juga menyamakan militer Israel dengan Nazi dan tindakan agresi itu dengan kamp konsentrasi Auschwitz yang jadi sejarah kelam masyarakat Yahudi.


Pernyataan ini termasuk keras dari Kolombia yang selama ini dikenal sebagai sekutu terkuat Amerika Serikat di kawasan Amerika Latin. AS sendiri dikenal sekutu erat dari Israel.


Chile

Tak lama setelah Bolivia, tetangga mereka di Amerika Selatan, Chile juga memanggil duta besarnya di Israel dan mengajukan protes terhadap agresi serta angka kematian warga sipil Palestina yang meroket. (cnn/sh)