Notification

×

Iklan

Iklan

7 Perenang Sumut Perlu Uji Coba Sebelum PON 2024

Minggu, 10 Desember 2023 | 22:46 WIB Last Updated 2023-12-10T15:46:49Z

Sebanyak 7 atlet tersebut, yakni Syahgali Putra, Guntur Mahesa Putra, Giony Ruben Dwinov, Raihan Kiming, Mario Jepania Saragih, Grace Marjorie dan Evivania Siahaan yang perlu mengikuti uji coba. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Sebanyak 7 perenang Sumatera Utara (Sumut) yang kini sedang menjalani pemusatan latihan daerah (Pelatda) perlu dikirim untuk mengikuti uji coba atau try out ke beberapa kejuaraan berskala nasional sebelum diterjunkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut.


“Uji coba bukan untuk mengejar prestasi, melainkan lebih untuk mengatur periodisasi latihan karena yang dibutuhkan atlet adalah latih tanding,” kata pelatih renang PON Sumut, Dwi Jitrada Afrido saat diwawancarai di sela kegiatan latihan di gelanggang renang Kampus Unimed Jalan Willem Iskandar Medan, Minggu (10/12/2023).


Disebutkannya, tim renang Sumut yang terdiri dari 5 atlet putra dan 2 putri hingga saat ini terus berlatih, baik di kolam renang maupun latihan fisik di luar kolam renang.


Sebanyak 7 atlet tersebut, yakni Syahgali Putra, Guntur Mahesa Putra, Giony Ruben Dwinov, Raihan Kiming, Mario Jepania Saragih, Grace Marjorie dan Evivania Siahaan.


Dalam persiapan menuju PON 2024, menurut dia, program uji coba ke luar provinsi penting dilakukan atlet renang Sumut yang sebagian besar masih berusia di bawah 20 tahun guna menambah pengalaman bertanding, meningkatkan teknik dan mental, sehingga bisa menjadi bekal bagi mereka untuk meraih prestasi terbaik.


Selama menjalani latihan, lanjut pelatih yang akrab disapa Dodo ini, para atlet telah menunjukkan progres positif dari sisi teknik, kedisiplinan, dan motivasi, termasuk dalam hal meningkatkan kecepatan waktu di kolam renang.


“Progres persiapan atlet hingga saat ini sudah sekitar 50 persen. Melalui porsi latihan yang lebih intensif lagi, kita optimis progres persiapan atlet akan terus meningkat hingga 100 persen menjelang PON 2024,” paparnya.


Di PON 2024 mendatang, akuatik memperebutkan 64 medali emas. Sedangkan nomor yang dipertandingkan dari cabang renang, terdiri dari loncat indah, perairan terbuka, polo air, dan renang indah.


Dodo memprediksi, persaingan perebutan medali cabang renang akan kembali berjalan ketat pada PON 2024 karena para atlet yang berlaga adalah atlet-atlet terbaik dari sejumlah provinsi, antara lain DKI Jakarta, Jatim, Jabar, Jateng, Riau, Jambi dan Sumatera Selatan. (sh)