Notification

×

Iklan

Iklan

Disemarakan Tarian Asal Indonesia, Maskot Piala Asia 2023 Diluncurkan

Minggu, 03 Desember 2023 | 22:40 WIB Last Updated 2023-12-03T15:40:08Z

Tari Lenggang Nyai tampil saat peluncuran maskot Piala Asia 2023. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Maskot untuk perhelatan Piala Asia 2023 sudah diluncurkan dengan nama Jerboa. Ada tarian Indonesia, Lenggang Nyai dari Betawi, menyemarakan launching.


Peluncuran Jerboa ini sudah dilakukan pada 1 Desember 2023. Bertempat di Musheireb Downtown, Doha, Qatar, rangkaian acara digelar.


Jerboa merupakan keluarga dari lima hewan pengerat gurun. Zkriti dan Traeneh, merupakan orang tuanya, Sementara anak-anaknya bernama Saboog, Tmbki, dan Freha merupakan anak anaknya.


Tarian Lenggang Nyai menjadi salah satu hiburan yang ditampilkan dalam peluncuran maskot Piala Asia 2023. Kelompok tari Indonesia di Qatar, Puspa Qinarya, yang menampilkannya.


"Ini adalah kebanggaan bagi kami, karena tidak semua kelompok tari di Qatar mendapatkan kesempatan ini. Bahkan tidak semua kontestan Piala Asia mendapat peluang ini. Pihak penyelenggara melakukan kurasi dengan ketat." kata Margie Azis, Ketua Sanggar Puspa Qinarya, dalam rilis yang diterima detikSport.


Puspa Qinarya adalah salah satu kelompok tari yang telah banyak terlibat dalam menampilkan tarian Indonesia di Qatar. Kelompok ini misalnya tampil dalam ajang Flag Plaza Festival, yang merupakan festival dalam rangka menyambut Piala Dunia tahun lalu.


"Kami akan memanfaatkan setiap jengkal pagelaran Piala Asia untuk melakukan promosi Indonesia di Qatar," ungkap Duta Besar RI di Qatar, Ridwan Hassan. 


Indonesia telah menyiapkan serangkaian kegiatan promosi dalam rangka menyambut pesta sepakbola terakbar se-Asia tersebut seperti pagelaran tari dan mini turnamen olahraga.


Piala Asia 2023 akan berlangsung pada tahun depan, 12 Januari-10 Februari 2023. Indonesia ada di Grup D, bersama Jepang, Irak dan Vietnam. 


Pada pertandingan pertama, Indonesia melawan Irak di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, pada 15 Januari 2024. (dts/sh)