Notification

×

Iklan

Iklan

Polres Simalungun Sigap Evakuasi Banjir Bandang Sapu Dusun 2 Binanga Bolon

Kamis, 21 Desember 2023 | 10:09 WIB Last Updated 2023-12-21T03:45:39Z

ARN24.NEWS --
Bencana banjir bandang menerjang Dusun 2 Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan, Kabupaten Simalungun, Rabu (20/12/2023) sore, diduga disebabkan oleh jebolnya bendungan air di Sitalasari, Kelurahan Tigarunggu.

Personel Polsek Purba dipimpin oleh Kapolsek AKP Marolop Sinaga bersama tiga anggotanya, turun ke lokasi pada pukul 20.00 WIB untuk melakukan pengecekan dan verifikasi kejadian. 

Mereka menemukan bahwa banjir bandang telah membawa material batu, tanah, kayu, dan lumpur, menghanyutkan dua rumah semi permanen milik Joel Haoho dan Ramatio Sitio, serta merusak sekitar 20 makam pribadi dan ternak milik warga.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung, melalui Kapolsek Purba AKP Marolop menyampaikan ungkapkan keprihatinan yang mendalam atas musibah yang menimpa warga Dusun 2 Binanga Bolon.

Setelah mendapat laporan tentang banjir bandang, dia memerintahkan personel serta Tim Satgas Penangan Bencana Alam  untuk segera dan sigap bergerak untuk melakukan evakuasi dan memberikan bantuan pertama yang dibutuhkan oleh warga. 

Dia menambahkan selama ini tetap berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pihak terkait lainnya untuk penanganan lebih lanjut. "Kami juga akan mempersiapkan posko untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan warga yang terdampak tetap menjadi fokus prioritas kami," imbuhnya. 

Pihaknya bertugas dalam proses evakuasi dan pembersihan material yang menutup jalan dan penanganan darurat ini akan terus kami lakukan hingga situasi kembali kondusif. 

Kapolsek Purba iin mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari petugas di lapangan. "Untuk warga sekitar  kami meminta untuk tetap waspada dan dapat mengikuti arahan dari petugas yang ada dilapangan serta bekerjasama dalam menjaga kekondusifan. Mari kita tunjukkan solidaritas kita dalam menghadapi bencana ini," tutur AKP Marolop Sinaga.

Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga juga telah melakukan peninjauan langsung ke lokasi bencana pada pukul 21.30 WIB. Untuk sementara, warga yang terdampak, berjumlah 28 kepala keluarga, telah mengungsi di rumah Pangulu Nagori Purba Pasir.

Kegiatan penanggulangan bencana akan dilaksanakan hingga hari ini, Kamis (21/12/2023) Dinas BPBD Kabupaten Simalungun, Damkar, TNI, dan unsur Polri. Rencana tindak lanjut termasuk pembersihan material banjir, pendataan kerugian material, dan penyusunan laporan perkembangan situasi. 

Saat ini, situasi warga dalam keadaan sehat walafiat, tanpa adanya korban jiwa atau luka. Tim dari Koramil 13 PB dengan 5 personel Bhabinsa juga memberikan dukungan dalam penanganan bencana ini. (war)