Notification

×

Iklan

Iklan

Sumut For Palestina, Ribuan Masyarakat ‘Banjiri’ Istana Maimun Medan

Minggu, 10 Desember 2023 | 18:31 WIB Last Updated 2023-12-10T11:31:57Z

Ribuan masyarakat Sumatera Utara tumpah ruah di Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso, Medan. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Ribuan masyarakat Sumatera Utara tumpah ruah di Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso, Medan, Minggu (10/12/2023). Mereka datang dari segala penjuru ke ibiukota provinsi ini. Menggalang solidaritas untuk rakyat Palestina yang telah menderita atas agresi Israel.


Bendera-bendera Palestina berkibar di sekitar istana. Tempat bersejarah ini pun seketika memutih diwarnai para peserta ‘Sumut for Palestine’. Gema takbir juga terdengar bersahutan selama acara berlangsung.


Aksi solidaritas ini diinisiasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Sumut. Tokoh agama dan tokoh masyarakat berbaur untuk menyuarakan kepedulian terhadap penderitaan rakyat Palestina. 


Di antaranya yang mewakili Pangdam I/BB, mewakili Kapolda Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Musa Rajekshah, GNPF Ulama Sumut, Forum Umat Bersatu (FUB) Sumut, dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut H Farianda Sinik.


Acara ini diawali dengan Subuh berjamaah, shalawat dan zikir bersama. Dan sepanjang acara, masyarakat tak bosan-bosan meneriakkan “Palestina, Free, Free” sembari mengangkat bendera Palestina.


PJ Gubsu yang diwakilkan Basarin Yunus Tanjung, turut menyampaikan dukungan masyarakat Sumatera Utara untuk kebebasan Palestina.


“Ini atas nama kemanusiaan. Mari kita berikan dukungan untuk Palestina,” seru Basarin Yunus Tanjung.


Hadiah untuk Palestina

Dalam aksi solidaritas untuk Palestina ini, Panitia Penyelenggara juga mendatangkan Ustadz Bahtiar Nasir. Ia dengan apik berorasi membakar semangat ribuan masyarakat yang hadir.


“Birruh Biddam Nafdika Ya Aqsa, Allahu Akbar,” jerit Ustad Bahtiar Nasir, diikuti ribuan jamaah.


“Semoga ini menjadi kekuatan bagi saudara-saudara kita yang ada di Palestina,” sambungnya.


UBN, begitu sapaan akrabnya, juga menyerukan untuk memboikot produk-produk dan perusahaan yang pro terhadap Israel.


“Ada satu merek kopi terkenal yang selama ini pro terhadap Israel. Mengapa tidak kita buat kopi kita sendiri ibu-ibu, yang hasilnya dapat kita hadiahkan kepada saudara-saudara kita di Palestina,” imbuhnya.


“Tuntutan kita tetap Indonesia akan memperjuangkan sampai rakyat Palestina merdeka. Dan donasi yang terkumpul untuk Palestina mudah-mudahan lebih dari Rp1 miliar,” sebut UBN.


Dalam kegiatan tersebut, panitia juga membuka kesempatan kepada masyarakat Sumut untuk menyumbangkan atau memberikan hadiah kepada rakyat Palestina yang saat ini terancam kelaparan akibat agresi Israel.


“Mari kita sebutkan sumbangan ini adalah hadiah untuk saudara-saudara kita yang ada di Palestina,” ucapnya. (mc/sh)