Notification

×

Iklan

Iklan

Tamirat, Remaja 18 Bersahabat dengan Lebah Madu

Sabtu, 23 Desember 2023 | 12:38 WIB Last Updated 2023-12-23T05:38:46Z

ARN24.NEWS --
Bila orang pada umumnya lari menghindari lebah, maka remaja di Ethiopia ini justru bersahabat dan dikerubungi lebah yang menyukainya. Kemampuan Tamirat Getachew untuk menjinakkan lebah madu mengundang decak kagum banyak orang di kampung halamannya di Asosa.

“Ini adalah anugerah,” katanya kepada BBC yang bertanya bagaimana dia bisa menjinakkan lebah yang mengerumuninya.

Remaja lelaki berusia 18 tahun itu membiarkan kawanan lebah mengerubungi dadanya dan kepalanya yang tidak mengenakan alat pelindung apapun. Ada kalanya dia juga membiarkan beberapa lebah memasuki rongga mulutnya. 

“Saya memiliki kemampuan khusus untuk mendatangkan lebah menempel ke badan saya tanpa menutupi bibir dan telinga saya,” paparnya seperti dikutip BBC Jumat (22/12/2023).

Tamirat belum lama bergaul dengan lebah. Dia pertama kali diperkenalkan dengan lebah penghasil madu sekitar lima tahun silam. “Mereka datang dan hinggap di badan saya ketika saya melintasi peternakan lebah madu dan mereka menyimak apa yang saya katakan,” kata Tamirat.

Menurutnya, dia tidak melakukan apapun untuk menarik kedatangan lebah-lebah itu. “Mereka mengerti siapa saya. Lebah sama seperti manusia ketika ada yang mendekatinya. (hdy/nt)