Notification

×

Iklan

Iklan

Wow!!! Tugas Skripsi Program S1 Dihapus Bagi Mahasiswa FKIP UIA Ini

Sabtu, 23 Desember 2023 | 12:53 WIB Last Updated 2023-12-23T05:58:34Z

ARN24.NEWS --
Mahasiswa Program Strata 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam As-Syafiiyah (FKIP UIA) telah resmi meniadakan kewajiban membuat skripsi sebagai syarat kelulusannya. 

Sebagai gantinya mahasiswa membuat proposal untuk mengikuti Program Kreatif Mahasiswa (PKM). Ada 10 bidang  proposal yang bisa dimajukan untuk mendapatkan program ini.

“Jika proposalnya disetujui,  mahasiswa UIA bukan hanya tidak diwajibkan membuat skripsi tetapi juga akan mendapat dana penelitian yang besarannya maksimal Rp. 500 juta rupiah,” terang Dekan FKIP UIA Dr. Misbah Fikrianto MM, MSi, pada sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), di Gedung Alawiyah, lantai 3, Kampus 1 UIA, Jatiwaringin-Pondokgede,  hari Rabu (20/12/2023).

Menurut Misbah, kesepuluh bidang itu adalah Bidang Riset Eksakta (PKM-RE), Bidang Sosial Humaniora (PKM-RSH), Bidang Komoditas (PKM-K), Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM),  Bidang Penerapan Iptek (PKM-PI) Bidang Karsa Cipta (PKM-KC), Bidang Karya Inovatif (PKM-KI), Bidang  Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK),  Bidang Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT) dan bidang  Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Program PKM ini , lanjut Fikrianto, merupakan kebijakan dari pemerintah, dalam hal ini Kemdikbudristek, yang telah meluncurkan  Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM).

Selain itu, tambah Fikriantyo,  proposal yang lolos sekleksi  berpeluang untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang diselenggrakan tiap tahun.  

“Di laman ini semua ketentuan teknis bisa dipelajari, atau kalau masih kurang jelas bisa minta bantuan  dosen di prodi masing-masing. Tetapi yang perlu diingat dalam program ini proposal harus diajukan per kelompok. Masing-masing kelompok  beranggotakan 2- 5 orang,” tandasnya. (hdy/nt)