Notification

×

Iklan

Iklan

Persiapan Piala Asia: Indonesia Digebuk Libya 4-0

Selasa, 02 Januari 2024 | 23:51 WIB Last Updated 2024-01-02T16:51:14Z

(Foto: dok.Instagram PSSI)

ARN24.NEWS
– Timnas Indonesia harus mengakui kemenangan Libya dalam laga uji coba persiapan Piala Asia 2023. Tim Garuda kalah 0-4.


Laga uji coba Indonesia vs Libya digelar di Titanic Mardan Stadium, Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024) malam WIB. 


Pertandingan ini adalah bagian dari persiapan tim besutan Shin Tae-yong menuju Piala Asia 2023, dengan Indonesia segrup Jepang, Irak, dan Vietnam.


Timnas Indonesia mengawali laga dengan menjanjikan, memeragakan pressing gencar. Libya merespons dengan memainkan tekanan balik, yang bikin skuad Merah-Putih keteteran.


Indonesia yang kesulitan mengembangkan permainan kebobolan pada menit ke-25 lewat Ahmed Ekrawa. Shin Tae-yong mengganti line-up pada babak kedua, tapi lagi-lagi timnas masih sulit menciptakan ancaman.


Indonesia justru kembali kebobolan pada menit ke-54 oleh Omar Alkhoja. Kesalahan pertahanan membuat gawang timnas lagi-lagi bergetar pada menit ke-89 oleh Noor Al Din Al Qulaib, disusul gol spektakuler Alaa Al Qajdar dari tengah lapangan pada menit ke-92.


Jalannya Pertandingan

Indonesia langsung menerapkan pressing tinggi ke pertahanan Libya. Saddil Ramdani melepaskan sepakan keras pada menit kedua, tapi masih bisa dihentikan kiper.


Libya nyaris menjebol gawang Indonesia pada menit keenam. Ahmed Ekrawa mengontrol umpan silang dari kiri dengan sempurna, lalu menyelesaikannya dengan sepakan setengah voli. Bola meluncur tipis di kanan gawang.


Libya menaikkan intensitas dan merespons Indonesia dengan pressing tinggi juga. Peluang lain didapatkan pada menit ke-13 saat sepakan Fadel Mansour dari sisi kiri masih melambung.


GOL! Libya menjebol gawang Indonesia pada menit ke-25. Sepakan Ekrawa kali ini mampu menaklukkan Syahrul Trisna dari jarak dekat, memanfaatkan kegagalan pertahanan Indonesia mengamankan bola.


Sundulan Dimas Drajad menyambut umpan silang Saddil Ramdani pada menit ke-39 masih terlalu lemah. Mudah saja bola diamankan kiper Murad Al Wuheeshi.


Ekrawa menebar ancaman pada menit ke-44. Tembakannya dari depan kotak penalti memantul bagian atas mistar gawang.


Babak pertama berakhir. Indonesia yang memulai dengan menjanjikan malah mengendur seiring laga berjalan. Timnas kesulitan menemukan celah di sepertiga akhir.


Indonesia mengganti susunan pemain di babak kedua. Adam Alis nyaris mencetak gol pada menit ke-50, kala sepakan kerasnya menyambut umpan Witan Sulaeman ditepis kiper dan membentur tiang gawang!


Libya merespons hanya semenit berselang bermula dari Marselino Ferdinand yang kehilangan bola. Ekrawa menerima umpan silang dari kanan dan tembakannya masih bisa dihalau Syahrul.


Libya sempat mencetak gol pada menit ke-54 lewat sundulan Ekrawa. Namun wasit menganulirnya karena bola diduga lebih dulu keluar lapangan.


GOL! Libya menggandakan keunggulan pada menit ke-54. Ekrawa menusuk ke kotak penalti dan bola terlepas di bawah tekanan Jordi Amat & Justin Hubner. Tapi bola bergulir ke Omar Alkhoja yang dengan tenang menaklukkan Syahrul.


Umpan membelah pertahanan dari Ivar Jenner pada menit ke-62 meloloskan Egy Maulana Vikri. Hanya saja Egy terlalu cepat menusuk sehingga terjebak offside.


GOL! Libya mencetak gol ketiga pada menit ke-89. Umpan Justin Hubner dipotong Libya dan diselesaikan Noor Al Din Al Qulaib.


GOL! Libya masih sempat mencetak gol keempat pada menit ke-92. Jordi Amat kehilangan bola di tengah dan disambar Alaa Al Qajdar dengan tembakan langsung ke gawang, berujung gol spektakuler. Laga berakhir. (dtc/sh)