Notification

×

Iklan

Iklan

Prediksi Piala Asia, Indonesia VS Vietnam: Krusial....(LIVE RCTI JUMAT MALAM PUKUL 21.30 WIB)

Jumat, 19 Januari 2024 | 10:21 WIB Last Updated 2024-01-19T03:21:53Z

ARN24.NEWS --
Laga hidup mati bagi Timnas Indonesia kontra Vietnam pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Jumat (19/1/2023) pukul 21.30 WIB. Kedua tim perwakilan Asia Tenggara ini pun tengah terbebani. Anak asuh Shin Tae-yong wajib menang atau dipermalukan The Golden Warrior (julukan Vietnam). Pasalnya, dalam empat pertemuan terakhir selama pelatih Korsel ini membesut Arhan Pratama, tak sekali pun merengkuh point. 

Sang Garuda Nusantara hanya memetik 2 kali hasil imbang dan selebihnya Timnas Vietnam memboyong kemenangan. Namun pertemuan kali ini seperti STY telah memersiapkan jurus jitu untuk menghalau kegasanan serangan balik Vietnam. Pada laga sebelumnya, Indonesia menelan kekalahan 1-3 dari Irak, pada Senin (15/1/2024) lalu. 

Di sisi lain, Vietnam kalah 2-4 di tangan Jepang pada Minggu (14/1/2024). Hasil pertandingan Indonesia vs Vietnam sangat penting bagi kedua kubu. Regulasi AFC menggunakan kriteria head to head (H2H) untuk menentukan posisi tim yang memiliki nilai sama. 

Baik Indonesia maupun Vietnam yang tengah mengejar posisi 2 dan 3 di grup, wajib punya hasil pertemuan yang bagus dengan rival mereka. Babak penyisihan grup AFC Asian Cup atau Piala Asia 2024 hanya akan meloloskan maksimal 3 tim dari sebuah grup. Mereka terdiri 2 tim teratas yang lolos otomatis. 

Kemudian tim peringkat 3 dari total 6 grup, akan diambil 4 tim terbaik untuk lolos ke babak berikutnya. Berdasar regulasi Piala Asia yang tertuang di Pasal 7 Competition System, terdapat sejumlah kriteria untuk menentukan peringkat tim di klasemen grup, jika kebetulan terdapat poin sama. 

Perjuangan lebih keras wajib dilakukan Timnas Indonesia, selepas gagal menuai poin dari hasil matchday pertama. Terlepas kekalahan 1-3 dari Irak, peningkatan performa relatif sudah ditunjukkan skuad Garuda. Indonesia sempat memaksa laga imbang 1-1, hingga masuk akhir paruh pertama. Pada pertandingan kontra Irak tersebut pelatih Shin Tae-yong menurunkan 4 pemain bernaluri bek tengah sekaligus. 

Ada 3 pemain yang khusus memagari lini belakang, kemudian 1 pemain lainnya ditempatkan di zona tengah. Dengan skema tersebut Indonesia lumayan sanggup meredam agresivitas pemain tengah Irak. Statistik laga menunjukkan bahwa Timnas Irak menghasilkan 3 gol dari 15 tembakan (5 on target). Data tersebut menunjukkan bahwa lini tengah dan belakang Timnas Indonesia belum sempurna, juga perbedaan kualitas kedua pihak. 

Sisi positifnya gol lawan terbilang minim yang datang dari blunder Indonesia. Timnas Garuda juga terbilang mampu mengatasi potensi fatal dari kesalahan yang muncul. Pada matchday pertama kontra Irak, Timnas Indonesia sanggup melakukan 25 tekel, 10 intersep, dan 21 sapuan. Indonesia juga memenangkan 47 duel udara. 

Timnas Indonesia yang lebih banyak ditekan hanya menguasai 35 persen ball possession, serta melepaskan 8 tembakan (1 on target). Bagusnya, 1 tembakan tepat sasaran tersebut langsung berujung gol. Garuda juga mampu memaksimalkan kecepatan Yakob Sayuri di sektor sayap. Ia menorehkan 1 assist, dengan 2 dribble succes dari 3 percobaan. 

Tak pelak, Yassa jadi pemain yang paling menonjol, selain Marselino Ferdinan yang mencetak gol. Atas hasil laga perdana, pelatih Shin Tae-yong mengatakan ia puas dengan penampilan timnya. 

“Timnas Indonesia menunjukkan perjuangan terbaik, dan performa yang bagus di laga ini [melawan Irak]," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI. Berjumpa Vietnam pada laga kedua, Timnas Indonesia dituntut untuk memberikan performa lebih baik. 

Di atas kertas Timnas Indonesia (rank 146 FIFA) memang kalah jika dibandingVietnam (rank 94 FIFA). Ini bakal jadi tantangan bagi Shin Tae-yong. Sejak mulai menukangi Timnas Indonesia pada 2020 silam, STY sudah 4 kali berjumpa Vietnam di level senior. Hasilnya, Indonesia hanya bisa 2 kali imbang dan 2 kalah. Misi kemenangan juga diusung oleh Timnas Vietnam. 

Kendati kalah 2-4 di tangan Jepang pada matchday pertama, Vietnam dianggap mampu menunjukkan perlawanan sengit. Mereka bahkan sempat unggul 2-1 atas Samurai Biru. Timnas Vietnam juga menunjukkan permainan yang bagus. Mereka sanggup menguasai 42 persen ball possession, dan melepaskan 6 tembakan (3 on target). 

Berjumpa Indonesia juga bisa menjadi ajang balas dendam pelatih Vietnam, Phillipe Troussier. Ia menukangi Vietnam sejak Maret 2023, lalu 2 bulan berselang merasakan kekalahan dari Indonesia di semifinal SEA Games 2023. 

“Singkatnya, setelah pertandingan ini [melawan Jepang], kami tetap mengincar peringkat ketiga terbaik. Atau jika lebih baik, [kami] mengincar posisi kedua," ucap Phillipe Troussier, dikutip dari VN Express.

Catatan ARN24.NEWS 
 
Indonesia dan Vietnam berpotensi melakukan perubahan. Akan tetapi dari Timnas Indonesia, pelatih STY kemungkinan mempertahankan Yakob Sayuri dan Marselino Ferdinan, yang menjadi bintang pada pertandingan pembuka. Pelatih Philippe Troussier berpeluang mempertahankan 2 gelandang serang Vietnam, Dinh Bac Nguyen dan Hung Dung Do. 

Keduanya terbukti tampil apik pada laga perdana, bersama Tuan Hai yang mencetak 1 gol. Meski sama-sama tumbang di partai perdana, Indonesia dan Vietnam tak perlu berkecil hati karena mampu memberikan perlawanan sengit di hadapan tim yang di atas kertas superior. 

Vietnam sempat mengungguli Jepang sebelum akhirnya kalah 4-2 dari sang favorit juara, sementara Indonesia tumbang 3-1 di tangan Irak usai kemasukan gol kontroversial. Namun faktanya kekalahan itu berdampak besar pada kelolosan kedua negara, terutama Indonesia. Jepang saat ini memuncaki Grup D dengan tiga poin, mengungguli Irak di posisi dua karena unggul agresivitas gol, sedang Indonesia harus menerima nasib sebagai juru kunci karena kalah agresivitas gol dari Vietnam. 

Sebagai catatan, dua tim teratas lolos otomatis sedangkan empat tim peringkat tiga terbaik dari enam grup akan menggenapkan fase gugur menjadi 16 tim. Kini, baik Golden Star Warriors mau pun Garuda harus terhindar dari kekalahan di matchday 2, bahkan kemungkinan besar harus menang, jika masih ingin menjaga asa lolos ke fase gugur, setidaknya lewat jalur tim peringkat tiga terbaik.

Pada matchday pertama, Indonesia dan Vietnam menelan kekalahan. Indonesia kalah 1-3 dari Irak. Sedangkan, Vietnam kalah 2-4 dari Jepang. Hasil itu membuat kedua tim harus menang untuk membuka peluang lolos ke 16 Besar.

Indonesia dan Vietnam cukup sering berjumpa pada level ASEAN. Saat ini, rekor pertemuan berpihak pada Vietnam. Pada lima laga terakhir, Vietnam tidak pernah kalah dan tiga kali menang. Vietnam juga hanya sekali kebobolan.

Di atas kertas, Vietnam diunggulkan untuk menang atau setidaknya tidak kalah. Sebab, hanya saja, kondisi Vietnam sedang tidak ideal. Performa mereka tak cukup bagus dan hanya sekali menang pada lima laga terakhir. Kubu Indonesia juga tidak dalam kondisi yang ideal. Skuad Garuda tak pernah menang pada lima laga terakhir, bahkan kalah empat laga beruntun. Namun, Indonesia bisa tampil dengan kekuatan penuh di Piala Asia 2023 ini.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN"  
Timnas Vietnam (3-4-2-1): Filip Nguyen; Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Thanh Binh; Pham Xuan Manh, Nguyen Thai Son, Nguyen Tuan Anh, Vo Minh Trong; Do Hung Dung, Nguyen Dinh Bac; Pham Tuan Hai. (Pelatih: Philippe Troussier) 

Timnas Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Sandy Walsh, Ivar Jenner, Justin Hubner, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan; Rafael Struick. (Pelatih: Shin Tae-yong) 

5 PERTEMUAN TERAKHIR: 
09/01/23 Vietnam 2 - 0 Indonesia
06/01/23 Indonesia 0 - 0 Vietnam
15/12/21 Indonesia 0 - 0 Vietnam
07/06/21 Vietnam 4 - 0 Indonesia
15/10/19 Indonesia 1 - 3 Vietnam

5 LAGA TERAKHIR VIETNAM: 
17/10/23 Korea Selatan 6 - 0 Vietnam
16/11/23 Filipina 0 - 2 Vietnam
21/11/23 Vietnam 0 - 1 Iraq
09/01/24 Kirgistan 2 - 1 Vietnam
14/01/24 Jepang 4 - 2 Vietnam

5 LAGA TERAKHIR INDONESIA: 
16/11/23 Jepang 5 - 0 Myanmar
21/11/23 Suriah 0 - 5 Jepang
01/01/24 Jepang 5 - 0 Thailand
09/01/24 Jepang 6 - 1 Yordania
14/01/24 Jepang 4 - 2 Vietnam

STATISTIK: 
INDONESIA Menang: 37%
Imbang: 28%
VIETNAM Menang: 35%
SKOR: 1 - 0 (0 : 1/4). (nt/sumber)