Notification

×

Iklan

Iklan

Anggota DPRD Medan Viral 'Nyamar' Jadi Ojol Gagal di Pileg 2024

Jumat, 15 Maret 2024 | 23:04 WIB Last Updated 2024-03-15T16:04:41Z

Erwin Siahaan yang sempat viral beberapa waktu lalu karena dinarasikan driver ojol membeli bakpia dari Medan ke Jogja. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Sejumlah anggota DPRD Medan tidak terpilih lagi untuk periode 2024-2029, salah satunya Erwin Siahaan. Video Erwin sempat viral beberapa waktu lalu karena dinarasikan driver ojol membeli bakpia dari Medan ke Jogja menggunakan pesawat.


Erwin sendiri merupakan anggota DPRD Medan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) periode 2019-2024. Di Pileg 2024, dia kembali maju dari partai yang dipimpin oleh anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu, Kaesang Pangarep.


Legislator PSI itu maju jadi caleg DPRD Medan dari dapil 5. Dia bersaing dengan mantan Ketua PDIP Medan yang juga mantan Ketua DPRD Medan, Henri Jhon Hutagalung sebagai caleg dari PSI.


PSI berhasil mengamankan 1 kursi di DPRD Medan dari dapil 5 setelah meraup 13.411 suara. Jatah kursi tersebut diamankan oleh Henri Jhon Hutagalung setelah memperoleh suara tertinggi di PSI dapil 5, yakni 1.813 suara.


Sedangkan Erwin sebagai caleg petahana hanya meraih 820 suara. Erwin berada di posisi kedelapan peraih suara tertinggi di internal caleg PSI.


Erwin sendiri baru menjabat pertama kali sebagai anggota DPRD Medan di periode 2019-2024. Saat kampanye, Erwin membranding dirinya sebagai driver ojol yang menjadi wakil rakyat.


Pada November 2023, video yang menampilkan Erwin yang menggunakan jaket ojol viral di media sosial. Video itu menarasikan Erwin tengah menjalankan orderan untuk membeli bakpia dari Medan ke Jogja.


"Viral seorang pria berjaket ojek online membawa orderan makanan bakpia dari Jogja ke Medan," tulis narasi video itu seperti dilihat Selasa (26/9/2023).


Dari video yang dilihat detikSumut, terlihat percakapan antara Erwin, pramugari dan seorang pria berkemeja kotak-kotak berwarna hitam putih. Awalnya pramugari maskapai pesawat itu mengecek boarding milik Erwin


Pria berbaju kotak-kotak yang berada di samping Erwin kemudian menjelaskan bahwa Erwin naik pesawat untuk menjalankan orderan. Erwin disebut sedang dalam perjalanan membeli lumpia dari Medan ke Jogja.


"Ojek ini dari Medan, dia pesan lumpia 25 bakpao dari Jogja. Dari Medan ke Jogja naik pesawat, dia beli ini lagi, balek lagi naik pesawat ke Medan. Luar biasa," kata pria yang merekam peristiwa itu.


Saat itu, Ketua DPW PSI Sumut Nezar Djoeli membenarkan Erwin adalah anggota DPRD Medan dari PSI. Sebelum menjadi anggota dewan, diakuinya Erwin bekerja sebagai driver ojol.


"Benar itu Erwin, dia anggota DPRD Medan dari PSI," kata Nezar. (dts/sh)