Notification

×

Iklan

Iklan

Begini 'Isi' Dalam RSUD Salah Pakpak Bharat

Senin, 22 April 2024 | 20:26 WIB Last Updated 2024-04-22T13:26:54Z

ARN24.NEWS --
Seperti suasana di Ruang Intalasi Bedah Sentral (IBS) RSUD Salak, Kabupaten Pakpak Bharat. Ruang Instalasi Bedah atau sering disebut Ruang Operasi sering sekali masih dianggap seram atau menakutkan. 

Namun sesungguhnya, ruang operasi merupakan suatu unit di rumah sakit yang berfungsi sebagai tempat untuk melakukan tindakan pembedahan secara terencana maupun akut, yang membutuhkan kondisi steril dan kondisi khusus lainnya.

Tim yang terlibat dalam operasi antara lain operator bedah/dokter spesialis bedah, operator obgyn/dokter spesialis obgyn, asisten operator, perawat instrument/scrub nurse, perawat sirkuler/circuler nurse, dokter anestesi, penata anestesi.

Ruang IBS/Ruang Operasi Rumah Sakit juga dibagi ke dalam 5 zona. Yakni Zona Tingkat Resiko Rendah (Normal),  Zona Tingkat Resiko Sedang (Normal dengan Pre Filter), Zona Resiko Tinggi (Semi Steril dengan Medium Filter), Zona Resiko Sangat Tinggi (Steril dengan prefilter, medium filter dan hepa filter, Tekanan Positif),  Area Nuklei Steril (Meja Operasi).

Ruang operasi dibagi atas beberapa ruang, di antaranya ruang pendaftaran/admisi, ruang tunggu pengantar, ruang transfer/serah terima pasien, ruang tunggu pasien (holding room), ruang persiapan pasien, ruang induksi. 

Lalu, ruang penyiapan peralatan/instrument bedah, ruang operasi, ruang pemulihan/recovery room, ruang resusitasi bayi/neonates, ruang ganti pakaian (loker), ruang istirahat, scrub station, ruang utilitas kotor (spoel hoek, disposal), ruang linen, ruang penyimpanan perlengkapan bedah dan ruang 
penyimpanan peralatan kebersihan (janitor).

Sangat lumrah dalam setiap tindakan operasi bedah, akan terlebih dahulu diberi penjelasan dan edukasi yang jelas mengenai tindakan operasi akan dilakukan, serta ditangani oleh tim yang sudah ahli dan terlatih dari Rumah Sakit Umum Daerah Salak.

Ruang Operasi ini rata-rata digunakan dua kali sehari. "Dengan tindakan yang paling banyak ditangani adalah operasi caesar," jelas Kepala UPT Rumah Sakit Umum Daerah Salak, Manuturi Situmorang. (braniko cibro)