Notification

×

Iklan

Iklan

Diduga Beteng Tembok Sawah di Dusun I Kp Kelapa Tak Sesuai Bestek

Senin, 08 April 2024 | 20:52 WIB Last Updated 2024-04-08T13:52:42Z

ARN24.NEWS --
Pembangunan tembok beteng sawah yang berada di Dusun I, Desa Kampung Kelapa, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara, diduga tak sesuai bestek. Beteng itu sendiri memang masuk dalam perencanaan Apdes Tahun 2024 tahap pertama ini. 

Pantauan di lapangan, memang ada sedikit kejanggalan. Apalagi bangunan beteng yang baru dikerjakan sudah tampak retak di sisinya. Kuat dugaan antara campuran semen dan pasir tidak seimbang. 

Seorang pekerja di sana menjelaskan bahwa bahan material campuran yang dipergunakan bangunan tersebut yaitu 1 sak semen merek Dynamix x 4 angkong pasir. Itu semua atas perintah TPK dengan ukuran lebar 40 cm x tinggi 1 m x 100 panjang. 

Terlihat pula banyak pori - pori ruang dalam penyusun batu padas tidak semua terisi semen dan pasir di ruang dalam. Dikhawatirkan akibat penyusunan batu padas tersebut tidak mendapat kwalitas  bermutu jangka panjang. 

Di sisi lain, hasil investigasi pembagunan tersebut tidak menggunakan papan transparansi sebagai keterbukaan informasi publik (KIP) Apdesa Tahun 2024 tahap pertama. Disinyalir adanya yang ditutupi sehingga tidak transparan. 

Hal tersebut telah menelan APBDES tahun 2024 tahap pertama untuk pembangunan tembok penahan tanah, belum diketahui pasti berapa nilai pagu anggarannya. (rams)