Notification

×

Iklan

Iklan

Pesona Pulau Pandang di Batu Bara Sumut, Miliki Keindahan Alam yang Memukau

Minggu, 14 April 2024 | 18:24 WIB Last Updated 2024-04-14T11:30:12Z


ARN24.NEWS
– Pulau Pandang memiliki keindahan alam yang sangat memukau, pulau yang terletak di Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut) ini memiliki wisata bahari yang menakjubkan. 


Selain itu, Pulau Pandang dikelilingi oleh keindahan alam yang menawarkan pengalaman eksotis bagi para pengunjung yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang autentik.


Meskipun, Pulau Pandang sebuah pulau mungil yang panjangnya sekitar 800 meter, namun pulau seluas 16 hektar ini terkenal dengan pantainya yang masih alami dan berpasir putih dengan air laut berwarna biru toska yang sangat jernih. 


Sementara pada bagian lainnya, terdapat pantai didominasi batu-batu besar sangat kontras dengan beningnya air laut dan membuat kombinasi tersebut menjadi sebuah hal yang sangat menakjubkan.


Tak hanya itu, pemandangan bawah lautnya juga sangat indah dengan terumbu karang dan ikan-ikan karang yang menghiasi, sehingga, pengunjung dapat merasakan sensasi memancing dan olahraga menyelam untuk melihat panorama bawah laut yang sangat mengagumkan.


Lokasi Pulau Pandang yang berada di perairan Selat Malaka, lepas pantai Sumatera itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang masih asri dan alami, serta jauh dari kebisingan. 


Sebab, landscape di Pulau Pandang juga sangat cocok bagi pengunjung yang suka hiking atau berjalan kaki menyusuri keindahan alam bukit, bisa menjadi alternatif kegiatan yang bisa dirasakan pada saat berlibur di Pulau Pandang. 


Pengunjung yang datang biasanya menaiki menara yang terdapat di puncak bukit Pulau Pandang, untuk melihat panorama pulau dari ketinggian.


Dari atas menara api atau disebut mercusuar Pulau Pandang itu, pengunjung dapat melihat pemandangan indah yang menawan dari atas menara.


Pulau Pandang juga populer memiliki dua buah puncak bukit, dimana di salah satu puncak bukitnya terdapat destinasi wisata populer lainya yaitu batu belah yang berada di puncak bukit di sebelah sisi Selatan pulau.


Batu Belah di pulau ini sangat unik yaitu berbentuk persegi empat dan batunya benar-benar terbelah dengan rapi, seolah-olah batu belah ini dipotong dengan menggunakan teknologi modern.


Dengan pesona alamnya yang memukau, Pulau Pandang adalah tempat yang patut dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan pulau tersebut.


Nah, untuk perjalanan menuju Pulau Pandang dapat ditempuh dari Medan menuju Kabupaten Batu Bara, Tanjung Tiram, jarak tempuh ke Kabupaten Batu Bara dari Medan sekitar 132,5 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih hampir empat jam. 


Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan perahu bermesin dari Pelabuhan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara dengan waktu tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam, tergantung kondisi cuaca. (rfn/smb)