Notification

×

Iklan

Iklan

Di Kota Solo, Pj Bupati Hasrimy Promosi Wisata Kabupaten Langkat

Jumat, 17 Mei 2024 | 09:41 WIB Last Updated 2024-05-17T02:41:04Z

ARN24.NEWS --
Moment spesial HUT ke-44 Dekranas di Kota Solo, Jawa Tengah, Pj Bupati HM Faisal Hasrimy menyempatkan diri promosi wisata Kabupaten Langkat. Dia pun berharap lewat promosi tersebut dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik mau pun mancanegara ke bumi Amir Hamzah itu. 

Dekranas menggelar parade mobil hias, kriya, dan budaya dari Stadion Sriwedari sampai Balai Kota Solo, Rabu (15/5/2024). Peserta dari 38 provinsi  memadati Jalan Slamet Riyadi.

Ada 102 kendaraan mobil hias dari masing-masing Dekranasda kota/kabupaten/provinsi yang berpartisipasi dengan menghias sesuai potensi daerahnya. Nanti ada penjurian memperebutkan piala Ibu Negara,

Sedangkan Provinsi Sumatera Utara hanya diikuti 4 daerah yang mengikut serta dalam rangka memeriahkan HUT Dekranas. Yaitu, Dekranasda Provsu, Dekranasda Kota Medan, Dekranasda Kabupaten Langkat dan Dekranasda Kabupaten Padang Lawas. 

Kabupaten Langkat menyiapkan 1 unit mobil hias dengan tema wisata religi Masjid Azizi dan rumah Suluk Tuan Guru Babussalam. Selain itu alam wisata Bukit Lawang dan Tangkahan yang ada di kabupaten langkat dengan ciri khas kab langkat.

Parade itu menempuh jarak 2,3 kilometer. Defile berupa peserta dengan mengenakan busana adat sekitar 2.000 orang, diikuti mobil peserta lomba, para pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari berbagai daerah.

Dekranas menyiapkan mobil angklung, musik, dan mobil Rajamala. Dan melibatkan 150 penari dan pemusik. Dekranasda provinsi lainnya yang  menjadi tontonan akbar masyarakat disuguhkan budaya kriya, kerajinan. 

Dekranas mengusung tema "Tumbuh Bersama Memajukan Budaya Warisan Bangsa". Dekranas menggandeng 11 kementerian sehingga program pemerintah dapat diaplikasikan kepada para perajin di seluruh Indonesia.

"Dekranas membawahi Dekranasda provinsi di mana istri kepala daerah atau pendamping kepala daerah membantu para perajin secara langsung. Mudah-mudahan Dekranas bisa membantu pemerintah meningkatkan ekonomi khususnya sektor kerajinan nasional yang merupakan warisan budaya Indonesia,” harap Faisal Hasrimy.

Sebelum dilaksanakan kegiatan parade mobil hias, Dekranas melaksanakan syukuran dan pembukaan Expo HUT Dekranas di Alila Hotel Solo. Dihadiri Ketua Dekranasda Kabupaten Langkat Ny Uke Retno Faisal Hasrimy yang didampingi Wakil Ketua Dekranasda Ny Rina Amril.

Sebelum resmi membuka acara tersebut, Iriana menyempatkan diri menyapa para peserta yang berjumlah sekitar 1.500 orang. (erwin/rel)