Notification

×

Iklan

Iklan

Keren!! 3 Klub Eropa Milik Pengusaha Indonesia Rebut Tiket Promosi

Minggu, 19 Mei 2024 | 16:23 WIB Last Updated 2024-05-19T09:23:40Z

Como berhak tampil di Serie A Liga Italia musim depan. (Foto: REUTERS)

ARN24.NEWS
– Sebanyak tiga klub Eropa milik pengusaha Indonesia berhasil promosi. Dua diantaranya sukses naik ke kasta tertinggi di kompetisi masing-masing.


Ketiga klub tersebut adalah Como 1907 (Liga Italia), FC Dender (Liga Belgia), dan Oxford United (Liga Inggris). Saham mayoritas klub-klub tersebut dikuasai taipan asal Indonesia.


1. Como 1907

Klub yang dimiliki grup Djarum milik Hartono bersaudara berhasil merebut tiket promosi ke Serie A musim depan.


Como memastikan hal ini setelah finis kedua di Serie B. Tim asuhan Osian Roberts itu mengikuti jejak Parma yang sudah lebih dulu memastikan tiket promosi.


Sukses Como kembali bermain di kompetisi kasta tertinggi musim depan berkat andil Hartono bersaudara. Michael Hartono dan Robert Budi Hartono melalui grup Djarum adalah pemilik saham mayoritas klub yang bermarkas di Stadion Giuseppe Sinigaglia.


2. FC Dender

FC Dender sukses promosi ke Liga 1 Belgia usai finis sebagai runner up Liga 2 Belgia. Dengan demikian Dender jadi salah satu tim yang berhak promosi ke Liga 1 Belgia.


Menariknya, satu tempat di bawah FC Dender adalah klub yang diperkuat Marselino Ferdinan, KMSK Deinze. Tim Marselino itu hanya tertinggal satu poin di bawah Dender.


Klub ini dimiliki Sihar Sitorus yang juga pernah menjadi pengurus PSSI era kepemimpinan Djohar Arifin Husein. Musim depan FC Dender akan bersaing dengan tim-tim elite Liga Belgia seperti Club Brugge, Royal Antwerp, KV Mechelen, dan banyak lainnya.


3. Oxford United

Klub asal Inggris ini dimiliki Erick Thohir dan Anindya Bakrie. Keduanya mengambil alih saham mayoritas dari pengusaha asal Thailand, Sumrith Thanakarnjanasuth, sejak September 2022.


Oxford United berhasil promosi ke Divisi Championship atau kasta kedua kompetisi Liga Inggris. Klub berjuluk Yellow berhasil merebut tiket promosi usai mengalahkan Bolton Wanderers di final babak playoff. (cnn/sh)