Notification

×

Iklan

Iklan

Taruna Tingkat III AAU Latihan Cakra Wahana Paksa di Kosek I Medan

Rabu, 29 Mei 2024 | 10:53 WIB Last Updated 2024-05-29T03:53:41Z

Kunjungan Taruna Tingkat III Akademi Angkatan Udara (AAU) ke Kosek I Medan, Sumatera Utara. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Komandan Kosek I Medan Marsekal Pertama TNI Toto Ginanto, S.T., M.A.P., M.Han menerima kunjungan Taruna Tingkat III Akademi Angkatan Udara (AAU) ke Kosek I Medan, Sumatera Utara, Selasa (28/5/2024).


Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur AAU, Marsma TNI Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P., tersebut dalam rangka program Latihan Cakra Wahana Paksa (CWP). Kegiatan diawali dengan foto bersama di depan Markas Komando Sektor I (Makosek I). 


Setelah sesi foto bersama, seluruh rombongan memasuki Balai Pertemuan Soewarto Kosek I. Acara dibuka dengan pemutaran video safety briefing yang memberikan informasi mengenai prosedur keselamatan yang harus diperhatikan selama berada di Kosek I. 


Kemudian dilanjutkan dengan laporan dari Taruna Tingkat III AAU yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan tersebut.


“Saya ucapkan terimakasih karena telah disambut dengan meriah dan hangat di Kosek I, saya juga berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan pengalaman berharga bagi para Taruna Taruni dalam memahami operasi pertahanan udara,” ucap Wakil Gubernur AAU yang merupakan mantan Danlanud Soewondo ini.


Komandan Kosek I dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke Makosek I Medan.


“Kegiatan latihan Cakra Wahana Paksa ini merupakan kesempatan berharga bagi para Taruna Taruni untuk melihat dan memahami secara langsung bagaimana operasi dan tugas-tugas pertahanan udara dilaksanakan. Saya berharap, dengan kunjungan ini, para Taruna Taruni tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru, tetapi juga semakin memperkuat semangat juang, disiplin, dan rasa cinta tanah air,” harapnya. 


Dikatakannya, perjalanan menjadi perwira yang handal tidaklah mudah. diperlukan ketekunan, kesungguhan, dan integritas yang tinggi. 


“Setiap pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh, baik di akademi maupun dalam kegiatan lapangan seperti ini, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membentuk karakter dan profesionalisme,” tambah Komandan Kosek I.


Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan Komandan Kosek I yang menjelaskan kepada Taruna Taruni tentang peran Kosek I dalam menjaga kedaulatan udara nasional melalui pengawasan dan pengendalian wilayah udara serta koordinasi dengan satuan-satuan pertahanan lainnya.


Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata berupa plakat dari Wakil Gubernur AAU kepada Komandan Kosek I, dari Komandan Kosek I kepada Wakil Gubernur AAU, dari Danwingkortar kepada Dankosek I dan dari Dankosek I kepada Danwingkortar. 


Cinderamata ini sebagai simbol penghargaan dan kenang-kenangan antara Kosek I dan AAU. Setelah itu, para taruna tingkat III berkesempatan memasuki Sektor Operation Center (SOC) Kosek I untuk melihat langsung operasi pertahanan udara yang dilaksanakan oleh Kosek I. (sh)