Notification

×

Iklan

Iklan

Bentuk Satgas, Marciano Norman: Test Even Venue PON Agustus

Selasa, 25 Juni 2024 | 14:51 WIB Last Updated 2024-06-25T07:51:45Z

Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman saat berbicara kepada wartawan. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman mengatakan pihaknya bersama para Panitia Besar (PB) PON Aceh dan Sumut telah membentuk satuan tugas (satgas) untuk memantau perkembangan dari pembangunan arena PON XXI/2024 Aceh-Sumut.


Hal itu disampaikan Marciano dalam temu pers usai Gala Dinner Chef de Mission (CdM) Meeting II PON XXI/2024 wilayah Sumut di Hotel Santika Dyandra, Medan, Senin (24/6/2024) malam. Adapun kegiatan ini digelar sampai 26 Juni mendatang.


"Venue diharapkan akhir bulan Juli sudah selesai, sehingga pada bulan Agustus kita bisa melakukan test event untuk beberapa cabang olahraga. Dan kita membentuk satuan tugas yang memantau secara langsung sesuai dengan laporan kepada bapak presiden pada saat rapat terbatas," kata Marciano.


"Satuan tugas atau tim khusus ini yang memantau dari perkembangan dari pembangunan venue itu. Kita harus yakinkan agenda PON 2024 ini berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, dibuka pada 8 September di Aceh, ditutup 20 September di Sumut," sambungnya.


Selain kesiapan venue sebagai sarana, Marciano menambahkan, digelarnya CdM Meeting II ini untuk menampung laporan kesiapan dari masing-masing penanggungjawab termasuk dari sisi prasarana seperti transportasi, akomodasi, konsumsi, dan lainnya.


Tidak hanya sukses dalam penyelenggaraan, mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) ini juga berharap pesta akbar olahraga empat tahunan ini juga sukses dari sisi prestasi.


"Saya yakin para pimpinan kontingen mempersiapkan atletnya dengan sebaik-baiknya dan PB PON Aceh dan Sumut dalam 75 hari ke depan mereka bekerja keras untuk meyakinkan semuanya berjalan baik dan semoga PON XXI/2024 Aceh-Sumut ini lebih baik dibandingkan PON-PON sebelumnya," ujar Marciano.


"Selain itu, ia mengharapkan tidak hanya sukses dalam penyelenggaraannya tapi juga sukses dari sisi prestasinya dan saya juga harapkan ada pemecahan rekor nasional dan internasional.


"Makanya CdM Meeting II ini memang dikhususkan untuk pimpinan kontingen, nanti kita akan melaksanakan DRM (Delegation Registration Meeting) pada bulan Agustus (2024) dan sebelum itu kita akan meyakinkan venue-venue itu siap dengan mendatangkan para technical delegate dari masing-masing cabang olahraga," tegasnya.


Sementara Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian, mewakili Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) sekaligus Ketua Umum PB PON wilayah Sumut mengatakan, CdM Meeting II ini diikuti perwakilan kontingen dari 38 Provinsi se-Indonesia.


"Selain itu ada datang dari perwakilan IKN (Ibu Kota Negara) sebagai peninjau. Dan kesiapan kita saat ini hampir rampung, hanya saja ada beberapa pembangunan baru misalnya stadion utama perlu dikebut supaya bisa digunakan pada penutup PON di Sumut," ucap Baharuddin. (sh)