Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Hasil Riset IPSOS Mengapa Konsumen Puas Belanja Online di E-Commerce

Jumat, 21 Juni 2024 | 16:18 WIB Last Updated 2024-06-21T09:18:15Z

Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma memberikan keterangannya dalam zoom meeting terkait riset dengan tajuk ‘Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce’. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– IPSOS melakukan riset dengan tajuk ‘Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce’. Riset ini melibatkan responden yang rutin berbelanja online melalui berbagai e-commerce yang tersedia di Indonesia, untuk mengulik aspek-aspek apa saja yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam merasakan pengalaman belanja yang holistik. 


"Pada riset IPSOS yang dilakukan melalui metode Online Panel, ditemukan bahwa Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman berbelanja online," ujar Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma dalam keterangannya, Jumat (21/06/2024).


Ia menjelaskan, indikator tingkat kepuasaan yang berbanding lurus dengan aspek rekomendasi, dipengaruhi oleh bagaimana pengalaman belanja online dari hulu ke hilir. 


"Sejak kehadiran platform e-commerce di tengah masyarakat, kecenderungan masyarakat untuk memilih belanja online sebagai alternatif utama dalam memenuhi kebutuhan terus berkembang. Seiring dengan meningkatnya popularitas belanja online, para platform e-commerce pun harus menyesuaikan strategi dan menghadirkan sejumlah inovasi guna menghadirkan pengalaman belanja online yang memuaskan bagi pengguna dengan preferensi yang semakin beragam," jelasnya lagi.


Melalui riset kali ini, IPSOS ingin mengidentifikasi platform marketplace mana yang berhasil unggul dalam skala tingkat kepuasan pengguna serta aspek apa saja yang mempengaruhi pilihan tersebut.


"Jika diamati lebih lanjut, terdapat berbagai aspek yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen dalam berbelanja online," tuturnya.


Ragam pilihan layanan pengiriman juga dinilai cukup penting oleh responden karena meningkatkan rasa nyaman dan kepercayaan konsumen dalam belanja online. 


"Beragamnya aspek yang diperhatikan konsumen saat mengukur tingkat kepuasan yang ditawarkan oleh platform belanja online mencerminkan dinamika dalam industri e-commerce saat ini, dimana para pemain e-commerce perlu untuk senantiasa berinovasi guna memenuhi ekspektasi yang semakin tinggi dari masyarakat," terangnya.


Ia mengatakan, dari riset yang dilakukan menunjukkan bahwa konsumen Indonesia kini semakin selektif dalam memilih platform e-commerce andalan mereka. 


"Hadirnya berbagai fitur dan program yang mendukung kepuasan berbelanja online menjadi faktor penentu loyalitas masyarakat terhadap suatu platform," tandasnya. (sh)