Notification

×

Iklan

Iklan

Samosir Go Digital: Pariwisata dan UMKM Menuju Pemasaran Online

Jumat, 21 Juni 2024 | 17:49 WIB Last Updated 2024-06-21T10:49:36Z
Pelatihan UMKM di Sialanguan

ARN24.NEWS -- Samosir Go Digital merupakan upaya yang dilakukan sejumlah lembaga untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM yang ada pada masyarakat Samosir dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat minimal perekonomian di keluarga masing masing.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir Rista Sitanggang, kepada wartawan, Jumat (21/06) di Sialanguan.

Beberapa produk produk unggulan dari Samosir kata Rista diantaranya, kopi, kacang rondam, olahan pangan, tenun dan ada juga berupa kerajinan tangan seperti ukiran, bayon.

"Peran pemerintah dalam memfasilitasi masyarakat dengan mendorong, memotivasi karena para UMKM kita itu sudah rata rata punya alat masing masing yaitu melalui handphon," kata Rista.

Rista melanjutkan, melalui ponsel pintar tersebut pelaku UMKM dapat mendownload aplikasi yang sudah tersedia di Playstore.

"Samosir itu sudah punya aplikasi e-Onan. UMKM Samosir itu mampu melalui online untuk memasarkan hasil produk UMKM masing masing," ujarnya. 

Sementara itu, Robbi Butarbutar dari Tamado mengaku pihaknya konsentrasi di bidang pariwisata daerah UMKM.

"Tamado sendiri merupakan komunitas yang siap bersinergi. Yang mendasari kami membuat ini di Samosir karena pepatah batak, paling tidak kita Marsipature Huta Nabe," kata Robbi.

Robbi juga menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Samosir yang sudah memulai program program kemajuan pariwisata dan UMKM.

"Kami hanya datang ke sini paling tidak memberi masukan masukan sedikit atau menambahi agar sinergitas bisa lebih erat lagi," ucapnya.

Robbi mengungkapkan, basic plan tersebut berawal saat mereka di Siantar. Bekerjasama dengan PT Trans Digital Cemerlang dan VIP Voucher id, menginisiasi publikasi produk serta penjulan yang sifatnya aplikasi kasir.

"Bisa membantu pelaku UMKM. Juga bisa membantu wisatawan yang mungkin sifatnya mereka itu sudah terlatih dengan casdot," katanya.

Masih di lokasi yang sama, dari Marketing VIP Voucher Hari Budi Suharto membeberkan tujuan VIP Voucher.

Dikatakannya, VIP Voucher adalah sebuah platform pariwisata yang bahasa digitalnya adalah travel online yang selama ini sudah banyak dipakai oleh customer.

"Voucher ini fokus terhadap teman teman pelaku pariwisata lokal di setiap daerah. VIP Voucher memberikan solusi menjadi media untuk memudahkan para pelaku pariwisata lokal atau operator siapapun itu untuk mengaktualisasi dan mendigitalisasi produk mereka," paparnya.

"Mempertemukan mereka dengan teman teman agen mitra di luar daerah bahkan luar negeri agar ada kemudahan paymentnya atau metode pembayaran melalui digital, kurang lebih seperti itu," lanjutnya lagi.

Hari Budi Suharto menambahkan, secara prinsip, pihaknya akan melakukan pendekatan kepada para pelaku pariwisata UMKM baik melalui ekosistem dan komunitas dimana di situ akan dilakukan inovasi, edukasi kemudian penyesuaian sehingga bisa masuk di level digital karena itu akan menambah kekuatan pelaku UMKM di Samosir.

"Samosir ini kan sudah terekam dan dilirik dunia, jadi satu hal yang membuat kami semangat dan itu tidak terlepas dari semangat teman teman juga. disini kami membantu untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba atau pun Samosir karena yang kurang adalah informasi promosinya seperti apa, kemasannya seperti apa. Harapannya, VIP hadir bisa membantu mendorong semangat para pelaku UMKM dan secara potensi sangat besar sekali," pungkasnya. (Suntama)