Notification

×

Iklan

Iklan

Belanda Ciamik, Turki Bikin Austria Gigit Jari

Rabu, 03 Juli 2024 | 11:26 WIB Last Updated 2024-07-03T04:26:10Z

ARN24.NEWS --
Laga pamungkas babak 16 besar Piala Eropa 2024 telah tersaji. Adalah Belanda yang tampil ciamik dengan membantai Rumania 3-0. Sedangkan Austria harus angkat koper setelah disingkirkan Turki 2-1. Alhasil, Belanda kontra Turki di babak perempat final untuk berlaga pada Minggu (7/7/2024) pukul 02.00 WIB. 

Timnas Belanda unggul terlebih dahulu melalui gol Cody Gakpo di babak pertama. Sementara di babak kedua, Belanda berhasil mencetak dua gol berkat aksi Donyell Malen.

Bermain di Fussball Arena, Munchen, Timnas Belanda mencoba mengambil inisiatif serangan. Baru enam menit laga berjalan, Xavi Simons melepaskan tembakan ke arah gawang Rumania yang berhasil diamankan Nita.

Di menit ke-20, Belanda akhirnya berhasil membuka keunggulan di laga ini. Cody Gakpo bergerak menusuk dari sisi kiri, lalu melepaskan tembakan keras yang masuk ke gawang Rumania. Belanda unggul 1-0 di laga ini.

Di menit ke-58, Timnas Belanda nyaris mencetak gol kedua melalui sundulan Virgil van Dijk, namun sayang bola hanya mengenai tiang gawang Rumania.

Dan selanjutnya menit ke-62, pendukung Belanda bersorak gembira setelah Cody Gakpo menceploskan bola ke gawang Rumania memanfaatkan kemelut di depan gawang. Namun sayang gol ini dianulir wasit, karena Gakpo sudah lebih dahulu berada dalam posisi offside.

Belanda melakukan beberapa percobaan ke gawang Hungaria. Namun mereka terus kesulitan mencetak gol kedua. Namun penantian akan gol kedua itu berakhir di menit ke-83. Cody Gakpo melakukan pergerakan di sisi kiri, lalu ia memberikan umpan pendek kepada pemain pengganti, Donyell Malen yang kemudian ia selesaikan menjadi gol. Belanda unggul 2-0 atas Rumania.

Di masa injury time, Belanda memperlebar keunggulan mereka menjadi 3-0. Sedangkan dwigol Turki dicetak Merih Demiral di Red Bull Arena, Leipzig, 

Pertandingan baru berusia satu menit saat Turki membuka keunggulan. Arda Guler melepaskan tendangan sudut yang dihalau Cristoph Baumgartner sebelum melewati garis gawang, tetapi bola sapuannya membentur rekan setimnya Stefan Posch.

Kiper Patrick Pentz lantas menghalaunya sebelum bola jatuh ke penguasaan Demiral, yang dengan cepat melesakkannya masuk ke gawang Austria.

Austria berusaha menyamakan kedudukan secepatnya. Baumgartner melepaskan tembakan melebar, sebelum Demiral mencegah pemain yang sama membobol gawang Turki ketika bola berbahaya melintasi mulut gawang Turki.

Guler hampir menggandakan keunggulan Turki, melalui sepakannya dari sisi tengah lapangan yang masih melebar dari gawang Austria.
 
Turki mampu menggandakan keunggulan, ketika tendangan sudut Guler pada menit ke-59 dapat disambut sundulan Demiral. Gol tersebut sekaligus menjadikan Demiral sebagai bek Eropa pertama yang mampu mencetak dua gol pada fase gugur turnamen utama sejak Lilian Thuram melakukan hal serupa pada Piala Dunia 1998.

Austria baru mampu memperkecil ketertinggalan saat bola tenangan bebas Stefan Posch disambut sepakan Gregoritsch masuk ke gawang Turki pada menit ke-66. (bln/nt)