Notification

×

Iklan

Iklan

Jumpa Perempat Final: Prancis Melelahkan, Portugal Unggul Adu Penalti

Selasa, 02 Juli 2024 | 12:00 WIB Last Updated 2024-07-02T05:00:34Z

ARN24.NEWS -- 
Akhirnya harapan Portugal bertemu Prancis di babak perempat final tercapai. Itu diketahui setelah Prancis menang secara dramatis melawan Belgia dan Portugal unggul 3-0 atas Slovenia dalam laga adu penalti di babak 16 besar Piala Eropa 2024. 

Kemenangan Prancis baru tercipta di menit ke 85 dengan melibas Belgia di Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf, Senin (1/7/2024) malam. Gol sematawayang Prancis dicetak lewat gol bunuh diri bek Belgia Jan Vertonghen. Sejak babak pertama dimulai Prancis langsung mengambil inisitif untuk menguasai permainan dengan permainan umpan-umpan pendek.

Meski demikian Prancis hanya bisa banyak memainkan bola hingga di sepertiga akhir pertahanan Belgia. Prancis tampak kesulitan membongkar pertahanan Belgia.

Pada awal babak kedua, Prancis juga mencoba untuk langsung tampil menekan. Pada menit ke-53 Mbappe mengkreasikan serangan lewat pergerakan individu. Namun finishingnya masih melambung di atas mistar gawang Belgia.

Di menit ke-60 Belgia memiliki peluang terbuka saat Yannick Carrasco berhasil menerima umpan terobosan di kotak penalti Prancis. Namun saat akan melakukan tembakan, Theo Hernandez hadir untuk memotong bola dan melakukan tekel cemerlang.

Di menit ke-72 Mbappe terlihat adu mulut dengan bek Belgia Jan Vertonghen. Mbappe tampaknya tidak terima karena saat terjatuh di kotak penalti Belgia, Vertonghen menepuk-nepuk badannya meminta untuk segera bangun setelah bertabrakan dengan pemain Belgia lainnya. Mbappe yang tak suka dengan sikap Vertonghen mencak-mencak.

Pada menit ke-74 Prancis menciptakan peluang apik lewat William Saliba. Sayang tembakannya juga masih sedikit melenceng dari gawang Belgia.

Portugal sendiri lolos ke perempat final Euro 2024 usai menyingkirkan Slovenia lewat kemenangan adu penalti 0-0 (3-0) dalam laga 16 besar yang digelar di Deutsche Bank Park, Frankfurt, Selasa (2/7/2024) dini hari WIB.

Tak ada gol sama sekali yang tercipta, baik dari Portugal maupun Slovenia di sepanjang 2x45 menit waktu normal. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak extra time. Demikian halnya dengan yang terjadi di babak extra time. Portugal dan Slovenia sama-sama memperoleh peluang emas, tetapi gol yang dinanti tak juga lahir.

Portugal akhirnya keluar sebagai pemenang usai mengungguli Slovenia di babak adu penalti. Diogo Costa tampil luar biasa dengan menggagalkan tiga penendang Slovenia. (mds/nt)