Notification

×

Iklan

Iklan

Kandaskan Swiss, Inggris ke Semifinal Lewat Adu Penalti

Minggu, 07 Juli 2024 | 02:00 WIB Last Updated 2024-07-06T19:00:06Z

Para pemain Inggris merayakan kemenangan atas Swiss lewat adu penalti di perempat final Euro 2024. (Foto: REUTERS)

ARN24.NEWS
– Inggris memastikan diri lolos ke semifinal Euro 2024 usai menang atas Swiss lewat drama adu penalti 5-3 (1-1) di babak perempat final yang berlangsung di Dusseldorf Arena, Jerman, Minggu (7/7/2024) dini hari WIB.


Pemain pengganti Trent Alexander-Arnold jadi pahlawan setelah tendangan penaltinya dalam babak adu penalti menjadi penentu kemenangan Inggris atas Swiss.


Jalannya pertandingan

Permainan di babak pertama berjalan membosankan, karena kedua tim begitu berhati-hati. Baik Inggris dan Swiss juga minim membuat peluang.


Meski bermain menekan, tidak ada ancaman berarti yang dilakukan tim asuhan Gareth Southgate di babak pertama. Swiss juga tampak lebih memilih menunggu kesempatan ketimbang berinisiatif menyerang. Skor 0-0 hingga turun minum.


Mengawali babak kedua, Permainan Inggris dan Swiss tidak jauh berbeda dengan babak pertama. Belum ada serangan berbahaya yang mengancam gawang lawan.


Perubahan juga terlihat di menit ke-64 ketika Swiss mengganti dua pemain untuk mengubah jalannya pertandingan. Terbukti, Swiss lebih berani merangsek ke pertahanan Inggris.


Bahkan, Swiss akhirnya mampu memimpin 1-0 atas inggris pada menit ke-75 berkat gol Breel Embolo. Mengonversi umpan silang Dan Ndoye, Embolo mampu menempatkan bola ke tiang jauh.


Tertinggal, The Three Lions langsung melakukan pergantian tiga pemain sekaligus pada menit ke-78. Perubahan itu berbuah sukses usai Inggris menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-81.


Adalah Bukayo Saka yang menempatkan namanya di papan skor usai tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti tidak bisa dihalau kiper Swiss Yann Sommer. Skor 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit, laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu.


Perpanjangan Waktu

Inggris mulai lebih berinisiatif menyerang Swiss di babak perpanjangan waktu. Pada menit ke-95, Inggris punya peluang lewat tendangan jarak jauh Declan Rice, tapi Sommer mampu membuat penyelamatan sehingga gawang Swiss masih aman.


Sepakan Bellingham pada menitke-102 juga masih bisa diamankan Sommer. Sampai babak pertama perpanjangan waktu, skor kedua tim masih 1-1.


Inggris tampak ingin menyelesaikan pertandingan tanpa adu penalti. Mereka berupaya menekan Swiss dan memperoleh peluang mencetak gol. Tapi malah Swiss yang punya kesempatan pada menit ke-113, sayang upaya Fabian Schar belum berbuah gol karena bola menyamping di gawang Pickford.


Pada menit ke-117, sepakan pojok pemain pengganti Swiss Xherdan Shaqiri mengenai mistar gawang Inggris. Skor 1-1 tak berubah, sehingga laga pun dilanjutkan ke babak adu penalti.


Adu Penalti

Inggris menang adu penalti 5-3 atas Swiss


Inggris: Palmer (GOL), Bellingham (GOL), Saka (GOL), Toney (GOL), Alexander-Arnold (GOL)


Swiss: Akanji (Gagal), Schar (GOL), Shaqiri (GOL), Amdouni (GOL). (cnn/sh