Notification

×

Iklan

Iklan

Pj Bupati Langkat Hadiri Rakor Kesiapan Pengelenggaraan Pilkada Serentak 2024 Wilayah Sumatera

Rabu, 10 Juli 2024 | 11:37 WIB Last Updated 2024-07-10T04:37:54Z

ARN24.NEWS --
Pj Bupati Langkat HM Faisal Hasrimy hadiri rapat kordinasi "Kesiapan Penyelengaraan Pilkada Serentak 2024 di Wilayah Sumatera" di Regale Internasional Convention Center Medan, Selasa (9/7/24) pagi.

Pj Bupati Langkat dalam kesempatan ini didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs Mulyono, Kepala Dinas Kominfo Wahyudiharto, Kepala BPKAD Drs Iskandarsyah dan Kaban Kesbangpol Faisal Badawi. 

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh dua menteri RI, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri),Muhamad Tito Karnavian,  Rapat ini juga di hadiri seluruh kepala daerah,Pangdam, Kapolda dan segenap pejabat lainnya serta instasi terkait se Sumatra.

Di kesempatan ini Mayjen TNI Heri Wiranto Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) selaku panitia penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah diselenggarakan tiga kali yang sebelumnya dilaksanakan di Jaya Pura, Makasar dan hari ini Sumatera Utara.

Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni, menyampaikan ucapan terimakasih telah dipercayakan Provinsi Sumatera Utara  sebagi tuan rumah penyelengaraan rapat kordinasi pada hari ini, beliau juga menyampaikan selamat datang kepada menteri Menkopolhukam dan Mendagri dengan tujuan rapat kordinasi demi mensukseskan pilkada serentak nantinya pada tanggal 27 November 2024 di wilayah Sumatera.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi atas terlaksananya rapat kordinasi pilkada serentak di wilayah Sumatera. Dia merasa senang dengan antusias peserta rapat yang banyak hadir di ruangan demi mendengarkan paparan yang akan di sampaikan  dari para narasumber nantinya.

Guna mengoptimalisasi sinergitas dan koordinasi khususnya dalam mengawal dan menyukseskan Pemilu dan Pilkada 2024, Kemenko Polhukam membentuk Deks Koordinasi Pemilu dan Pilkada yang di dalamnya terdapat melalui Kepmenko Nomor 10 Tahun 2024 tentang Deks Koordinasi Pemilu dan Pilkada Kemenko Polhukam. 

Di antaranya, bersama-sama menjaga stabilitas di bidang politik, hukum dan keamanan yang kondusif dan terkendali. Meningkatkan koordinasi antar Kementerian/Lembaga guna menyukseskan penyelenggaraan Pilkada sesuai regulasi dan ketentuan yang berlaku. Kemudian, perlu optimalisasi dalam fasilitasi penyelenggaraan Pilkada Serentak agar dapat berjalan sesuai dengan jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan.

Selanjutnya, seluruh komponen bangsa ikut terlibat aktif dalam menjaga serta mengedepankan persatuan dan kesatuan guna menghindari polarisasi di masyarakat. Terakhir meningkatkan peningkatan pendidikan politik untuk memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat guna mewujudkan terselenggaranya pesta demokrasi yang aman, damai, kondusif, dan berkualitas.

Sejumlah narasumber memberikan paparannya pada rapat tersebut diantaranya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhamad Tito Karnavian, Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, Asops Polri Irjen Pol Drs Verdianto Iskandar Bitticaca,  serta Pangkogap Wilayah I Laksamana Madya TNI Agus Hariadi. (erwin/rel)