Notification

×

Iklan

Iklan

PKS Bantah Disebut Dukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut

Senin, 08 Juli 2024 | 23:30 WIB Last Updated 2024-07-08T16:30:37Z

Ketua DPW PKS Sumut Usman Jakfar. (Foto: Istimewa)

ARN24.NEWS
– Tersebar informasi dalam pemberitaan bahwa DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendukung Bobby Nasution sebagai calon Gubernur Sumatera Utara di Pilgub Sumut 2024.


Ketua DPW PKS Sumut, Usman Jakfar, menegaskan tidak benar bahwa DPP PKS mendukung Bobby Nasution, Wali Kota Medan itu di Pilgub Sumut.


"Enggak (benar), setelah kita konfirmasi (ke DPP) tidak benar berita itu," jelas Ketua DPW PKS Sumut, Usman Jakfar saat dikonfirmasi wartawan lewat telepon seluler, Senin (8/7/2024).


Ditegaskan Usman Jakfar, PKS sejauh ini belum memberikan rekomendasi dukungan Pilgubsu Sumut 2024 ke salah satu bakal calon Gubernur Sumut, baik itu kepada Bobby Nasution maupun Edy Rahmayadi. 


"Masih dalam proses, belum ada (yang diusung) bacalon gubernur, masih proses," ujarnya.


Menurut Usman Jakfar, berita Bobby didukung PKS sengaja dihembuskan pihak tidak bertanggung jawab untuk membangun framing seolah menantu Presiden RI Joko Widodo itu tidak ada lawan di Sumut.


Informasi tidak benar tersebut, menurut Usman Jakfar, merugikan PKS yang saat ini masih memproses siapa calon Gubernur Sumut yang tepat untuk rivalnya Bobby.


Artinya meski keputusan mengusung siapa nantinya calon gubernur di Pilgub Sumut adalah di DPP PKS, namun dikatakan Usman Jakfar, sejatinya proses penjaringan bakal calon Gubernur Sumut masih terus berlangsung.


"Sampai hari ini, belum ada satu pun dukungan kepada siapa pun untuk Gubernur Sumatera Utara," tegas Usman Jakfar.


Sebelumnya, kepada media Presiden Ahmad Syaikhu menyatakan partainya mendukung Bobby Nasution menjadi calon Gubernur Sumut di Pilgubsu 2024.


"Ya PKS kita mengusung beliau dan tentu kita memercayakanlah kepada beliau," kata Syaikhu di Kantor DPP PKS, Minggu (7/7/2024). 


Syaikhu menjawab pertanyaan mengenai apakah mungkin PKS condong ke Bobby Nasution di Pilgub Sumut.


Meski demikian, Syaikhu menyebutkan PKS tidak mematok syarat cawagub Bobby Nasution dalam memberikan dukungan. Syaikhu memastikan mesin partai telah siap bekerja.


"Bagaimana kaitan-kaitan siapa wakilnya juga kita tidak minta wakil ya. Tapi kita, mesin partai kita, sudah siap untuk menjadi salah satu mesin pemenangan bagi beliau," ungkap Syaikhu.


Belakangan, Ahmad Syaikhu mengklarifikasi pernyataanya itu. Ia menyebut Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) belum membuat putusan soal dukungan di Pilgub Sumut.


"Dalam hal ini, Gubernur Sumatera Utara saya perlu menegaskan. Sampai dengan detik ini, belum ada keputusan DPTP terkait dengan calon gubernur atau wakil gubernur Sumatera Utara," kata Syaikhu.


Dia menekankan mengenai keputusan dukungan di Pilgub Sumut masih dalam pembahasan. Sehingga belum ada dukungan yang diberikan partai terhadap siapa yang dicalonkan.


"Semuanya masih dalam proses pembahasan, ya jadi itu mungkin tadi perlu saya klarifikasi. Karena salah satu media sudah mengungkapkan itu. Saya kira itu mungkin sebagai klarifikasi saya," ungkap Syaikhu.


Bobby Nasution memiliki koalisi gemuk karena didukung Partai Gerindra, Golkar, PKS, PAN, Demokrat, terakhir PKB. Kemudian, kuat sinyal dukungan akan disampaikan oleh Partai NasDem.


Sedangkan Bakal Calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi baru mengantongi satu dukungan dari Partai Hanura. Sementara, mantan Pangkostrad itu, mengikuti proses penjaringan Bacalon Gubernur Sumut di DPW PKS Sumut dan DPD PDIP Sumut serta jumlah parpol lainnya.


Satu lagi Bakal Calon Gubernur Sumut lainnya adalah Nikson Nababan, mantan Bupati Tapanuli Utara 2 periode. Ia adalah kader PDIP dan juga telah mendaftar ke partai tersebut dan juga ke sejumlah partai lainnya. (mbc/sh